Desa Rias Sudah Memiliki RMU Canggih, Ini Harapan Bupati Riza

Desa Rias Sudah Memiliki RMU Canggih, Ini Harapan Bupati Riza

Bupati Riza menunjukkan beras Rias Makmur produksi petani Desa Rias.--Foto: Ilham

BABELPOS.ID, TOBOALI - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) berkomitmen meningkatkan kuantitas maupun kualitas beras dari petani Desa Rias. Kini Desa Rias sudah memiliki bangunan penggilingan beras yang canggih yakni Rice Milling Unit (RMU), atau seperangkat lengkap alat yang digerakkan tenaga mesin untuk menggiling padi atau gabah menjadi beras.

Bupati Basel Riza Herdavid menyebutkan kehadiran mesin penggilingan canggih seperti ini, dapat menambah semangat para petani terutama Rias meningkatkan produksi beras.

"Makanya kami dari pemerintah daerah terus berusaha bagaimana memberikan fasilitas - fasilitas petani kita dengan sebaik mungkin, dan bisa mumpuni untuk mendorong agar adanya suatu kemajuan bagi para petani di Basel," ucapnya, Kamis (09/05).

BACA JUGA:Pemkab Basel Gelontorkan Dana Miliaran Untuk Pertanian di Rias, Ini Peruntukkannya

BACA JUGA:Kades Rias Sebut Masalah Administrasi Kependudukan Jadi Prioritas

Mesin RMU itu diberikan kepada kelompok Tani Marsudi Tani 1 di Desa Rias untuk mengurangi biaya produksi para petani.

"Nanti melalui dinas terkait akan memonitoring bagaimana caranya harga gabah serta beras di Basel tetap stabil sesuai dengan harapan masyarakat dan juga petani kedepannya," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Gudang dan Mesin RMU desa Rias Imam menjelaskan, keistimewaan dari mesin tersebut yakni lebih praktis dan bisa menaikan hasil rendemen lebih tinggi dari gilingan yang sebelumnya.

Rendemen merupakan hasil gabah yang sudah digiling menjadi beras yang memiliki persentase berat beras. Contohnya jika dari mesin biasa hasilnya gabah hanya 47 persen.

BACA JUGA:Aik Bakung ke Rias, Bupati Riza Puji Kesenian Masyarakat

BACA JUGA:Ketua BPD Rias Pertanyakan Penggunaan Pasir untuk Pembangunan Irigasi

"Sedangkan dengan mesin RMU ini hasil gilingan gabah baik itu faktor cuaca musim penghujan dengan kadar air yang tinggi, hasil dari rendemen padi ini bisa meningkat dari mesin biasa," terangnya.

"Mesin ini juga memiliki kapasitas penggilingan perjamnya sebanyak 600 - 700 kilogram tergantung jenis padinya," imbuh Imam.

Selain itu, pihaknya kini sudah memiliki label beras dengan merk Rias Makmur, yang pasti ia yakin kualitasnya bisa bersaing dengan beras-beras yang ada di pasaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: