Pemkot Pangkalpinang Sosialisasikan Tata Naskah Dinas

Pemkot Pangkalpinang Sosialisasikan Tata Naskah Dinas

--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Penjabat Wali Kota PANGKALPINANG melalui Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota PANGKALPINANG, Agusfendi hadiri sosialisasi tata naskah dinas di Lingkungan Pemerintah Kota PANGKALPINANG, di Ruang Pertemuan OR Kantor Wali Kota PANGKALPINANG, Rabu (21/8/2024).

BACA JUGA:Keluarga Besar Badan Penghubung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Peringati HUT RI Ke-79 Gelar Berbagai Lomba

Tata naskah dinas adalah pengelolaan informasi tertulis yang meliputi pengaturan jenis, format, penyiapan, pengamanan, pengesahan, distribusi, dan penyimpanan naskah dinas, serta media yang digunakan dalam kedinasan," ujar Agusfendi dalam sambutan.

Agusfendi meneruskan, tata naskah dinas juga mengatur tentang teknik penyusunan, kewenangan penandatanganan, dan penggunaan lambang negara, logo dan cap dinas. Diketahui, naskah dinas adalah alat komunikasi kedinasan dalam bentuk tertulis yang dibuat dan/atau dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang.

BACA JUGA:PJ Ketua TP PKK Pangkalpinang Sweeping Imunisasi Polio Dosis 2

“Naskah dinas memiliki fungsi utama sebagai alat komunikasi tulis, pedoman dalam bertugas, alat bukti tertulis, sarana pengingat, cermin profesionalisme serta kualitas lembaga dan asas keamanan," tukasnya.

Adapun tata naskah dinas yang disosialisasikan meliputi Surat Dinas, Surat Keterangan, Surat Izin, Surat Perintah, Surat Tugas, Surat Perjalanan Dinas, Surat Kuasa, Surat Undangan, Surat Panggilan, dan Nota Dinas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: