PT Timah Kembali Tenggelamkan 37 Unit Coral Garden di Pulau Putri

PT Timah Kembali Tenggelamkan 37 Unit Coral Garden di Pulau Putri

PT Timah menenggelamkan coral garden di Pulau Putri, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka.--

BABELPOS.ID, BELINYU - Untuk mendukung upaya pelestarian ekosistem laut, menjaga keseimbangan lingkungan dan mengembangkan wisata bawah laut, PT Timah kembali menenggelamkan coral garden di Pulau Putri, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka.

Penenggelaman coral garden sebanyak 37 unit oleh PT Timah ini melibatkan masyarakat, Yayasan Sayang Babel Kite dan karyawan PT Timah yang dilaksanakan pada Senin, 19 Agustus 2024.

BACA JUGA:Dua Pelaku Penganiayaan di Payung Berhasil Diringkus, Ini Motifnya

Penenggelaman rumpon yang dilakukan PT Timah bertujuan untuk merehabilitasi dan mengembalikan fungsi terumbu karang sebagai habitat penting bagi keanekaragaman hayati laut.

Coral garden yang ditenggelamkan diharapkan dapat berfungsi sebagai habitat baru bagi berbagai jenis biota laut, meningkatkan keanekaragaman hayati, serta mendukung kegiatan perikanan di sekitar area.

BACA JUGA:Suami Istri di Toboali Ini Main Sabu, Ditangkap dengan Seorang Kurir

Tak hanya itu, dengan adanya karang buatan juga dapat menjadi daya tarik wisata bahari dalam mengembangkan kawasan destinasi Pulau Putri. Sebelumnya PT Timah juga pernah menenggelamkan coral garden di kawasan ini.

Dosen Ilmu Kelautan Universitas Bangka Belitung Indra Ambalika mengatakan, penenggelaman rumpon yang dilakukan anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID ini merupakan langkah signifikan dalam tahap ketiga program restorasi terumbu karang.

BACA JUGA:Polres Bateng Gelar Simulasi Sispamkota Pemilukada 2024

Menurutnya, jumlah yang ditenggelamkan kali ini lebih banyak dibandingkan upaya sebelumnya.

Hal ini menunjukkan komitmen yang kuat untuk memulihkan ekosistem laut di wilayah ini.

"Kami berharap coral garden yang telah dibangun ini akan tumbuh menjadi habitat yang subur bagi berbagai biota laut.

Pulau Putri, dengan keanekaragaman hayati lautnya yang kaya, sangat potensial menjadi pusat penelitian dan pengembangan ilmu kelautan," katanya.

BACA JUGA:Rayakan Kemerdekaan RI ke-79 dan Wujud Kepedulian Bersama, PLN Gelar Aksi Donor Darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: