Tiga Hari Pawai HUT RI di Basel, Ini Jadwal dan Rutenya

Tiga Hari Pawai HUT RI di Basel, Ini Jadwal dan Rutenya

Pawai HUT RI di Basel tahun lalu.--Foto dokumen

BABELPOS.ID, TOBOALI - Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) akan melaksanakan agenda tahunan dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 79 Republik Indonesia (RI) yakni baris berbaris dan pawai karnaval.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Basel Elfan Rulyadi menyampaikan, penetapan kegiatan tersebut telah melalui serangkaian rapat dan diputuskan pelaksanaannya selama tiga hari.

"Pelaksanaan kegiatan tersebut selama tiga hari yakni dimulai dari 20 - 22 Agustus 3024," ucapnya, Senin (19/08).

Disebutkan Elfan, pada hari pertama nanti baris berbaris indah akan diikuti oleh peserta dari PAUD, SD/MI dan Pramuka SD/MI.

Lalu pada hari kedua diikuti oleh peserta tingkat SMP/MTs, SMA/MA/SMK, Pramuka SMP/MTs, Pramuka SMA/MA/SMK, perangkat daerah, instansi, BUMN, Organisasi Kemasyarakatan dan Parpol.

"Untuk hari pertama dan kedua nantinya akan diadakan baris berbaris indah," sebutnya.

"Untuk hari ke tiga nantinya akan diadakan pawai yakni yang diikuti oleh peserta dari umum, pakaian adat, komunitas senam, seni bela diri dan kesenian daerah. Lalu karnaval kendaraan terdiri dari sepeda hias, motor hias, mobil hias, mobil kesenian daerah, konvoi roda dua dan empat," tambahnya.

BACA JUGA:Paripurna DPRD Mendengarkan Pidato Presiden, Erwin Asmadi Sampaikan Hal Ini

BACA JUGA:Pengibaran Bendera Merah Putih HUT ke 79 RI, Wabup Debby Ucapkan Ini

Dikatakan  Elfan, para peserta harus mematuhi aturan yakni menjaga ketertiban, berlaku sopan, pantas dan tidak saling mencela. Peserta juga tidak boleh membawa benda tajam atau senjata tajam walaupun itu berhubungan dengan properti pawai.

Selain itu, dilarang menampilkan lambang-lambang, poster, baliho yang bertentangan dengan Pancasila, dan kepada peserta sepeda motor agar wajib menggunakan helm standar SNI serta menjaga agar tidak menimbulkan bunyi knalpot yang tidak pantas atau knalpot brong.

"Kepada para peserta pawai nantinya akan ada aturan yang harus dipatuhi dari pihak panitia kegiatan," tuturnya.

BACA JUGA:Demokrat Susul 8 Partai, Berikan Rekomendasi ke Pasangan Riza - Debby

BACA JUGA:Siapa Lawan Riza-Debby di Basel? Kotak Kosong atau Harwendro-Nursyamsu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: