Merasakan Geliat Indonesia Sentris di Kepulauan Pongok

Merasakan Geliat Indonesia Sentris di Kepulauan Pongok

(Foto : Diskominfo Babel)--

Berdasarkan data dari Kemenkominfo, di tahun 2021, beberapa desa di Kecamatan Kepulauan Pongok masih merupakan daerah blank spot. 

Untuk menunjang ketersediaan internet, pemerintah mengeluarkan program Aksi WiFi Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), dengan Desa Pongok menjadi satu di antara desa yang dipetakan menerima program tersebut.

BACA JUGA:Perkuat AHYPP, Yayasan AHM Dorong UMKM Bengkel Binaan Naik Kelas

Dengan adanya akses internet ini, membuka peluang baru bagi masyarakat setempat, dalam mengakses informasi dan layanan digital, guna meningkatkan kualitas hidup mereka yang mendorong peningkatan bidang pendidikan dan pertumbuhan ekonomi lokal.  

"Sekarang di sini sudah ada BTS (Base Transceiver Station) dan masyarakat bisa menikmati akses internet.

Tapi, kadang-kadang sinyal di sini putus, karena listrik yang menjadi pembangkit tiang-tiang pemancar tidak stabil, akibat kurang pasokan BBM untuk pembangkitnya.

Apalagi waktu cuaca buruk." Jelas Sekcam Kepulauan Pongok.

BACA JUGA:Kukuhkan Organisasi Profesi Analis Hukum, Menkumham: Kembalikan Wibawa Hukum di Tengah Masyarakat

Kian Cerdas dengan Babel Semakin Cakap Digital

Indonesia Sentris yang merupakan mandat dari pemerintah pusat harus diimplementasikan oleh seluruh lembaga baik pusat maupun daerah sesuai dengan bidangnya, begitu juga Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Diskominfo Babel).

Melalui tugas dan fungsi utamanya, Diskominfo Babel memberikan informasi kepada masyarakat dengan meluncurkan kampanye "Babel Semakin Cakap Digital", untuk mendukung pencapaian Indonesia Sentris. 

BACA JUGA:Kolaborasi Kemenkumham-Pemda Tingkatkan Kesadaran Hukum di Masyarakat

Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital, memfasilitasi akses informasi, dan mendorong masyarakat untuk lebih cakap dalam memanfaatkan teknologi digital.

Kampanye "Babel Semakin Cakap Digital" tidak hanya terpusat di ibu kota, tetapi juga menjangkau hingga pulau-pulau di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, termasuk di Kecamatan Kepulauan Pongok, Kabupaten Bangka Selatan.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Pangkalpinang dan Seluruh Kepala Daerah Diundang ke IKN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: