Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang Laksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat PPDM

Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang Laksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat PPDM

--

Pemberdayaan Kader Posyandu Melalui Edukasi dan Pelatihan Senam Nifas Sebagai Upaya Meningkatkan Derajat Kesehatan Ibu Nifas dan Mencegah Komplikasi Pada Masa Nifas di Wilayah Kerja Puskesmas Airgegas

PROGRAM yang diselenggarakan pada Rabu, 26 Juni 2024 di Puskesmas Air Gegas oleh Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang ini merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan sebagai perwujudan program Peningkatan pengetahuan dan informasi tentang senam nifas yang digagas oleh Dosen Kebidanan Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang, Astri Yulia Sari Lubis, SST, M.Kes  dan Tim, yaitu Rohmatun Karimah, SKM, Ayi Diah Damayani, M.Keb, dan Arica, SKM. 

Edukasi dan pelatihan senam nifas ini diikuti oleh 40 orang yg terdiri dari bidan puskesmas, tim pengabdi dan mahasiswa poltekkes kemenkes pangkal pinang, serta kader di Wilayah Kerja Puskesmas Airgegas, Kabupaten Bangka Selatan.

Terbatasnya pengetahuan dan keterampilan kader kesehatan mengenai senam nifas di wilayah puskesmas Airgegas Kabupaten Bangka Selatan, menjadi alasan utama untuk dilakukannya pemberdayaan masyarakat, hal tersebut bertujuan agar kader mampu menjalankan peran dan tugasnya dalam mendukung program kesehatan ibu dan anak, salah satunya melalui pelatihan senam nifas.

Pelatihan senam nifas disampaikan melalui pemaparan materi, gerakan-gerakan senam nifas yang dilakukan dengan cara role play dan praktikum senam nifas. Kemudian kader-kader yang telah dilatih tersebut akan memberikan bimbingan dan sosialisasi senam nifas kepada ibu nifas dan keluarga dilakukan dengan cara komunikasi informasi dan edukasi (KIE), praktik dan bimbingan langsung untuk melakukan gerakan-gerakan senam nifas dan senam nifas secara mandiri menggunakan leaflet panduan senam nifas, selain itu ibu nifas yang memiliki alat komunikasi yang dapat mengakses video senam nifas, dapat diakases kembali melalui kanal youtube.

Dengan kagiatan ini harapannya dapat menjadi salah satu upaya promotif dan preventif dalam peningkatan kesehatan ibu dan anak khususnya di wilayah kerja Puskesmas Airgegas, dan dalam membantu menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI). Serta Terlatihnya kader dalam melakukan sosialisasi dan bimbingan senam nifas kepada setiap ibu nifas yang ada di wilayah desanya.

Terima kasih kepada seluruh peserta yang telah mengikuti Kegiatan "Pemberdayaan Kader Posyandu melalui Edukasi dan Pelatihan Senam Nifas"  Semoga kegiatan ini dapat membawa pengaruh baik bagi masyarakat. Puskesmas Air Gegas, Sehat, Siap, Siaga!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: