Rio Setiady: Cegah Kenakalan Remaja Perlu Libatkan Orang Tua

Rio Setiady: Cegah Kenakalan Remaja Perlu Libatkan Orang Tua

Rio Setiady --

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Anggota DPRD Kota Pangkalpinang, Rio Setiady menyebutkan, pola pengasuhan keluarga dan lingkungan sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Hal ini menanggapi maraknya kasus kenakalan remaja di Kota Pangkalpinang yang berkeliaran membawa senjata tajam. 

BACA JUGA:Mudah dan Banyak Promo, Tiket Final Four Proliga 2024 di Aplikasi PLN Mobile Ludes Terjual

Terlebih, kata Rio, baru-baru ini sempat terjadi peristiwa aksi kenakalan remaja yang beraksi di salah satu toko di seputaran Kota Pangkalpinang dan sekitarnya. Video aksi itu pun sempat heboh di media sosial. 

"Maka peran orang tua menjadi faktor utama dalam mencegah kenakalan anak-anak kita. Makanya, untuk mencegah kenakalan remaja kni perlu libatkan para orangtua," kata Rio kepada Babel Pos, Sabtu (6/7/2024).

BACA JUGA:Memerangi Judi Online dan Pinjol Ilegal: Pentingnya Literasi dan Inklusi Keuangan Bagi Generasi Muda

Selaku wakil rakyat dan orangtua, Rio mengaku sangat prihatin dengan kejadian tersebut. Yang membuat miris, kata dia, para pelaku adalah  remaja yang masih berstatus sebagai pelajar atau pun anak di bawah umur.

"Yang lebih miris lagi, dalam melaksanakan aksinya, mereka menggunakan senjata tajam yang tidak seharusnya dilakukan oleh anak-anak sekolah," tutur Rio. 

BACA JUGA:Ponsel Flagship Poco Meluncur, Pakai Chipset Snapdragon 8s, Harga Segini

Diakui Rio, ketika melihat video pendek tersebut, tentu para orang tua dan masyarakat menjadi khawatir jika hal seperti ini akan menjadi kebiasaan dan sebuah pola baru di generasi muda di Pangkal Pinang dan sekitarnya. 

"Saya melihat ini perlu keterlibatan seluruh pihak pemerintah kota baik untuk melibatkan orang tua, aparat kepolisian serta tokoh masyarakat dalam meminimalisir kenakalan remaja yang terjadi akhir-akhir ini," tegas Rio. 

BACA JUGA:Susah Tidur? Ini 5 Obat Tanpa Resep Dokter

"Perlu sebuah keseriusan, jangan sampai hal ini menjadi kebiasaan dan anak-anak kita terbiasa untuk melakukan aksi seperti itu, karena kita berharap agar peristiwa kemarin menjadi pelajaran untuk kedepannya dapat dicegah oleh kita semua baik oleh para guru di sekolah maupun orang tua di rumah serta masyarakat di lingkungan sekitar," tambah politisi PKS ini.

Menurut Rio, Pemerintah Kota Pangkalpinang harus segera mengambil langkah kongkrit dalam meminimalisir kenakalan remaja seperti melakukan pembatasan jam malam bagi para anak-anak ataupun remaja yang masih berada di luar di tempat-tempat tertentu pada malam hari di atas pukul 22.00 WIB. 

BACA JUGA:Cerita Klaster Bunga Bratang Binaan BRI di Surabaya, Kini Punya Tempat Usaha Nyaman, Bisnis Terus Berkembang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: