Akses Sanitasi di Bangka Tengah Capai 96.65 persen

Akses Sanitasi di Bangka Tengah Capai 96.65 persen

Sugianto--

BABELPOS.ID, KOBA Sekretaris Daerah Pemkab Bangka Tengah, Sugianto menyebutkan akses sanitasi masyarakat (sanimas) sudah mencapai angka 96,65 persen.

"Capaian tersebut belum maksimal karena target kamu akses sanitasi masyarakat bisa mencapai level 100 persen," ujarnya di Koba, Sabtu (15/6).

BACA JUGA:Rumah Warga Namang Dilalap Api

Sugianto mengatakan capaian 96,65 persen belum optimal dan belum berada pada level aman dan diharapkan mencapai 100 persen rumah memiliki akses sanitasi layak.

"Justeru itu, harus dibangun infrastruktur yang sesuai dan layak sehingga dapat meningkatkan kesehatan untuk mengintervensi stunting,” kata Sugianto.

Ia berharap infrastruktur yang dibangun bisa dimanfaatkan, dipelihara, dan diawasi agar manfaatnya bisa dirasakan generasi selanjutnya dalam waktu yang lama.

BACA JUGA:Pemkab Bateng Salurkan Bantuan Sarana Pendukung Pertanian

"Pembangunan akses sanitasi menjadi prioritas dalam upaya mewujudkan visi misi pembangunan Pemkab Bangka Tengah Tahun 2021-2026," ujarnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bangka Tengah Rahmat Wibowo mengatakan, pembangunan infrastruktur akses sanitasi dilaksanakan dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Sanitasi yang bersumber dari APBN.

BACA JUGA:Tingkatkan IPM Melalui Program Desa Asuh

“Pembangunan infrastruktur ini akan tersebar di beberapa desa. Kami sudah berkontrak dengan kelompok masyarakat dan nantinya ini dikerjakan secara swakelola. Jadi masyarakat setempat yang akan melaksanakan pembangunan,” ujar Rahmat.

Ia berharap sinergikatas seluruh pemangku kepentingan khususnya peran aktif dari pemerintah desa dan kelompok pemanfaat pemelihara dalam proses pemeliharaan prasarana terbangun.

"Tentu saja ini dapat menjaga pembangunan yang berkelanjutan dan program dapat dipertahankan," ujarnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: