Berdayakan UMKM, Kamarudin Muten Dorong Belanja Produk Lokal

Berdayakan UMKM, Kamarudin Muten Dorong Belanja Produk Lokal

Kamarudin Muten yang Akrab Disapa Afa.-screnshot-

BABELPOS.ID.- Kamarudin Muten, pengusaha asal Belitung Timur mendorong masyarakat untuk meningkatkan belanja produk lokal. Sosok yang akrab disapa Afa ini menyebut, peningkatan belanja produk dalam negeri berdampak langsung terhadap pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Afa bilang, salah satu cara mudah yang bisa dilakukan untuk memberdayakan usaha kerakyatan yaitu dengan cara ngopi di warung-warung kecil. Meskipun belanjannya tidak sebanyak ketika ngopi di café-café besar, namun upaya ini sangat membantu usaha kecil.

"Ini adalah bentuk dukungan nyata yang bisa dilakukan siapa saja, namun dapat memberikan dampak untuk para pelaku usaha berkembang," ujar Afa, Jumat (14/6/2024).

Menurutnya, kegiatan ngopi-ngopi di warung kecil tidak hanya sekadar nongkrong dan menghabiskan waktu. Namun, juga bisa menggali solusi-solusi terhadap masalah sehari-hari.

"Lebih segar kalau duduk di Warkop, sambil kita diskusi ringan, agar daerah kita ini semakin maju," ujarnya.

Dalam kesempatan yang berbeda, Edo (43) salah satu pemilik warkop di Kecamatan Damar, mengungkapkan bahwa kehadiran Kamarudin Muten memberikan dampak positif bagi usahanya.

"Menurut saya ini hal yang bagus, karena memberi dampak langsung ke kami. Dan kami pun lebih merasa dekat dengan Pak Afa," kata Edo.

Selain itu, Edo juga menambahkan dengan kehadiran Kamarudin Muten, warga yang sedang mengopi langsung ikut mengobrol bersama.

"Pak Afa seperti magnet, saat duduk di warkop, banyak warga langsung ikut mengobrol dan berdiskusi dari permasalahan sehari-hari, sampai bercerita lucu," tuturnya.**

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: