PILWAKO DAN ENTERPRENUER BERKEMAJUAN

PILWAKO DAN ENTERPRENUER BERKEMAJUAN

Handika Yuda Saputra --Foto: ist

Oleh : Handika Yuda Saputra, S.Pd., M.Pd

Ketua Umum PC IMM BSM Kota Pangkalpinang

_______________________________________

PILWAKO (Pemilihan Walikota) dalam waktu dekat akan menjadi ajang kontestasi yang normal dalam sebuah Negara Demokrasi. Kontestasi ini diharapkan menghasilkan sebuah gagasan yang akan menjadi penerang bagi masa depan masyarakat kota Pangkalpiang. Tentu dalam memilih seorang pemimpin, sangat layak dan sangat penting untuk mengetahui bagaimana idealisme figure pemimpin yang akan berkontestasi pada ajang pemilihan kepala daerah mendatang. Lantas bagaimana kriteria pemimpin yang layak bagi warga kota Pangkalpinang?

Harus kita pahami bersama akan fakta lapangan yang terjadi pada saat ini bahwa sebagian besar Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Pangkalpinang bersumber dari sektor pajak baik dalam bidang Jasa, Investasi, dan UMKM. Tentu hal ini tidak terlepas dari bagaimana perkembangan ekonomi kecil dan menengah hingga ekonomi makro serta investasi yang bergulir di kota Pangkalpinang. 

Seorang Enterprenuer Berkemajuan kiranya menjadi sosok yang diperlukan dalam kontestasi Pilwako Pangkalpinang kedepannya dan berorientasi menghidup-hidupi kesejahteraan masyarakat, menghidupkan hajat hidup orang banyak, dan mampu mengolah sebuah sistem demi berjayanya ekonomi di kota Pangkalpinang. Kemudian pasti akan muncul dibenak kita sebuah pertanyaan, sosok pemimpin seperti apa yang cocok dan masuk dalam indikator enterpenuer berkemajuan memiliki beberapa kriteria.

BACA JUGA:MENUJU OTORITARIANISME

BACA JUGA:SURAT CINTA DARI ISTANA, & MASA DEPAN DEMOKRASI

Memiliki kepemimpinan yang telah teruji dalam sector bisnis

Dalam konteks ilmu ekonomi dan bisnis tentu mereka yang telah belajar ilmu ini akan menganggap bahwa dirinya layak menjadi pemimpin masa depan, namun yang diperlukan saat ini bukan hanya figure yang paham teori layaknya seorang kutu buku, tetapi jika sudah membahas konteks seorang pemimpin, kepemimpinan yang layak harus memilki kemampuan yang sudah teruji dan dapat dibuktikan kemampuannya. Seseorang yang sudah teruji dalam sector bisnis ini akan mampu memberikan jalan dan menciptakan peluang investasi dan membangkitkan UMKM, sehingga kemampuan dalam sector bisnis ini haruslah teruji berdasarkan track record (pengalaman) yang menunjukkan kemampuannya dalam membangun perekonomian di kota pangkalpinang.

Memiliki Jiwa Organisatoris

Jiwa organisatoris sangat perlu untuk diperhatikan dalam jati diri seorang calon pemimpin. Sebab seorang organisator akan mampu mengelola segala aspek kehidupan sosial dan mampu memberikan inovasi dan solusi serta menawarkan sistem managerial terbaik untuk menumbuhkan sebuah perekonomian yang berkemajuan dan berdampak bagi masyarakat. Kompetensi yang teruji dalam sektor bisnis haruslah diimbangi dengan kemampuan managerial (pengelolaan) yang berasal dari jiwa figure organisator agar menunjang efektivitas gerakan melambungkan investasi dan UMKM yang pada ujungnya akan membawa kemakmuran dan kesejahteraan bagi masyarakat kota pangkalpinang.

Memiliki Kwonledge yang Paripurna

Seseorang yang memiliki Knowledge yang Paripurna juga menjadi indikator yang paling penting dalam menjadi sosok pemimpin. Knowledge ini merupakan sebuah pengetahuan yang dimiliki seseorang dalam memahami sebuah informasi yang didapat serta mampu mengimplementasikannya dalam konteks kehidupan bermasyarakat. Memiliki Knowledge yang paripurna wajib bagi seorang figure pemimpin, sebab sosok pemimpin harus memiliki pengetahuan yang sempurna dan utuh, atau bisa dikatakan pakar dalam bidangnya. Knowledge yang paripurna ini tentu akan menjadi sebuah anugrah bagi masyarakat, sebab dengan pengetahuan yang dimiliki, seorang pemimpin akan mampu menciptakan sebuah peluang-peluang baru baik dari sektor investasi dan UMKM di kota Pangkalpinang. Peluang-peluang inilah yang diperlukan masyarakat sebagai harapan masa depan dari sebuah kemampuan yang teruji dari sektor bisnis dan jiwa organisatoris yang mumpuni agar kesejahteraan dapat tercapai dan terealisasikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: