119 Rumah Warga Relokasi Kawasan Kumuh Kurau Akan Dibangun Habis Lebaran

119 Rumah Warga Relokasi Kawasan Kumuh Kurau Akan Dibangun Habis Lebaran

--

BABELPOS.ID, KOBA - Rencana pembanguanan dan relokasi kawasan kumuh Kurau sudah memasuki tahapan sosialisasi mekanisme pemberian bantuan dan pembukaan rekening Bank Sumsel Babel.

Pembukaan rekening bank ini terkait kegiatan relokasi program Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melalui Dana Alokasi Khusus atau DAK Tematik Penanganan Permukiman Kumuh Terpadu (PPKT) TA 2024.

Bupati Bateng, Algafry Rahman mengatakan, sosialisasi ini merupakan langkah awal dimulainya tahapan-tahapan dalam pembangunan baru rumah swadaya yang akan diberikan kepada warga Desa Kurau dan Kurau Barat yang terkena dampak penataan permukiman kumuh.

BACA JUGA:Sabar Ya.. Bentar Lagi Timah Ekspor Kok

"Sosialisasi sudah disampaikan beberapa waktu lalu, sebagai tahap awal dari program penataan kawasan kumuh yang ada di Kurau, untuk itu kita sosialisasikan mekanisme penerimaan bantuannya seperti apa dan kita juga menjelaskan kepada masyarakat bahwa progres pembangunan akan segera kita mulai," terang Algafry, Selasa (2/4/2024).

Dikatakan Algafry, tahapan selanjutnya adalah pembangunan sebanyak 119 unit rumah tipe 36 yang akan dilaksanakan secepatnya setelah libur Idul Fitri.

BACA JUGA:Raih Peringkat Pertama, Budi Utama Bawa Dinsos PMD dari Degradasi Menuju Puncak Prestasi

"Insyaallah, setelah lebaran kita ke tahapan selanjutnya yaitu land clearing, dan rencananya pada Agustus kita sudah melaksanakan pembangunan rumah bagi masyarakat yang terdampak," ujarnya.

Bupati juga berharap warga dapat turut serta mendukung dan membantu pemerintah mengawasi proses pembangunan ini agar berjalan dengan lancar.

BACA JUGA:Pemilu Tak Beri Sentimen Negatif, Transaksi ICDX Terus Tumbuh

"Kita ingin bersama masyarakat benahi kawasan pinggiran sungai  Kurau ini agar dilakukan perbaikan. Dan ini akan menjadi prioritas kita bersama dengan dukungan juga dari Kejaksaan Negeri dan Kepolisian," ucap Algafry.

Terkait pembangunan rumah baru bagi warga terdampak relokasi dipinggiran sungai Kurau, Fani Hendra Saputra, selaku Kepala Diperkimhub Bateng menambahkan tidak lepas dari peran dan dukungan pihak-pihak terkait yang bersama-sama memiliki komitmen terhadap pembangunan di Bangka Tengah.

BACA JUGA:Selama 3 Bulan Terakhir Produksi Cumi Bateng Menurun Hingga 15 Persen

"Saya ucapkan terima kasih terutama dari pihak-pihak yang akan berkolaborasi dalam melaksanakan pembangunan ini. Kita mendapatkan dukungan dari Kejari, BPN, Satpol PP, teman-teman di kecamatan, kemudian dari Bank Sumsel Babel, dan juga PLN," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: