Sabar Ya.. Bentar Lagi Timah Ekspor Kok

Sabar Ya.. Bentar Lagi Timah Ekspor Kok

Safrizal ZA, Pj Gubernur Babel.--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Penjabat Gubernur Bangka Belitung (Babel), Dr Safrizal ZA memprediksi geliat di sektor industri pertimahan sudah mulai berjalan.

Bahkan dalam waktu dekat sudah ada yang akan melakukan ekspor seiring telah diterbitkannya beberapa RKAB milik perusahaan BUMN dan swasta.

"Jadi segera mereka akan ekspor sesuai produksinya masing-masing, karena bulan Maret-April ini sudah ada RKAB yang sudah keluar," ujar Safrizal usai menghadiri rilis berita statistik BPS Babel, Senin (1/4).

BACA JUGA:Safari Ramadan di Rumdin Bupati Bateng, Pj Gubernur Safrizal Serahkan Sejumlah Bantuan

Dirinya tak menampik, tak ada ekspor timah selama dua bulan ini Januari-Februari 2024 berdampak kepada lesunya perekonomian di Babel. Namun lebih rincinya, ia meminta BPS untuk menghitung seberapa besar pengaruh timah terhadap pertumbuhan erekonomian di Babel, termasuk kemampuam daya beli masyarakat.

"Prediksi saya 20-30 persen, sesuai dengan PDRB di sektor pertimahan. Kontribusi petambangan timah terhadap PDRB kita sekitar 30 persen. Tapi (angka) pastinya kita minta BPS menghitungnya. Biar kita ketahui berapa kontraksi dari sektor pertambangan," jelasnya.

BACA JUGA:Tips Perencanaan Keuangan dan Penganggaran Bulan Ramadan

Terpisah, berdasarkan data BPS Babel, neraca perdagangan bulan Februari 2024 tercatat surplus sebesar US$18,06 juta. Kendati nilai ekspor sebesar US$18,76 juta, turun 83,33 persen dibanding Februari 2023 (y-on-y) dan turun 37,02 persen dibandingkan Januari 2024 (m-to-m).

BACA JUGA:Kakanwil Harun Sulianto Ikuti Arahan Sekjen Kemenkumham, Ini yang Disampaikan

Kepala BPS Babel Toto Haryanto Silitonga membenarkan, ekspor Babel di Januari-Februari 2024 tak diikuti komoditi timah. Hanya non timah yang didominasi minyak kelapa sawit dengan tiga negara utama ekspor yakni Malaysia, Bangladesh dan India.(jua)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: