Ustaz Abdurahman Berikan Tausiah Bagi Warga Binaan Lapas Pangkalpinang

Ustaz Abdurahman Berikan Tausiah Bagi Warga Binaan Lapas Pangkalpinang

Masjid At-taubah, Lapas Pangkalpinang.--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANGLapas Pangkalpinang terus memberikan pembinaan kerohanian dengan memberikan motivasi bagi warga binaan untuk memperbaiki diri dan menjalani kehidupan dengan harapan yang lebih baik. Hal tersebut ditandai dengan Tausiah yang disampaikan oleh Ustaz Abdurahman di Masjid At-Taubah Lapas Pangkalpinang, Senin (18/3/2024). 

BACA JUGA:Pererat Sinergi dan Silaturahmi, BI Babel Buka Puasa Bersama di Pondok Pesantren Nurul Falah

Dengan tema Keistimewaan Umat  Islam yang Berpuasa dibulan Ramadan, Ustaz Abdurahman mengingatkan untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dan melatih menahan hawa Nafsu di bulan suci Ramadan.

“Bau mulut umat yang berpuasa lebih harum dari minyak kasturi, tetapi umat yang tidak berpuasa akan lebih busuk baunya dimata Allah SWT,” ucapnya

BACA JUGA:Dua Pemuda Ini Mencuri di 90 TKP di Pangkalpinang, Ini Lokasi Sasarannya

Selain itu, ia juga mengatakan dalam sebuah hadis terkait keistimewaan bulan Ramadan bulan yang penuh berkah. Al-Quran sebagai kitab suci umat Islam diturunkan pertama kali pada bulan Ramadan, sesuai dengan Surah Al-Baqarah ayat 185 terkait bulan Ramadan sebagai Syahrul Quran atau Bulan Al-Quran.

“Ramadan adalah bulan yang didalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan mengenai pembeda antara yang benar dan yang batil,” tegasnya

BACA JUGA:Peringati Hari Raya Nyepi, BRI Peduli Bagikan Bantuan Sembako di Bali

Lebih jauh, Ustaz Abdurahman menyampaikan hukum menjalankan ibadah puasa adalah wajib bagi umat islam yang telah baliq, tidak memiliki uzur syar’i. Wajib hukumnya bagi orang yang meninggalkan puasa untuk mengqada’ di hari lain di luar bulan suci tersebut sebelum datang ramadan berikutnya.

“Di sisi lain, puasa memiliki banyak hikmah dalam pelaksanaannya, puasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT yang dijelaskan dalam Surah Al-Baqarah ayat 183,” tambahnya.

BACA JUGA:7 Pemuda Terjaring Saat Pesta Tembakau Gorila di Depan Kantor Camat Taman Sari, 3 Masih Pelajar

Diakhir tausiahnya, beliau berpesan kepada seluruh warga binaan agar selalu bersyukur dengan segala hal yang Allah SWT ciptakan pada masing masing jiwa, rajin mengaji sebagai bekal nantinya kembali ke masyarakat.

“Tingkatkan ibadahnya, jalani puasa dengan ikhlas, dan jangan lupa selalu bersyukur atas apa yang telah kita dapatkan,” pesannya.

BACA JUGA:Berikan Layanan Keuangan Terbaik, BRI Raih 3 Penghargaan Pada Pertamina Appreciation Night

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: