Bawaslu Bangka Ajak Masyarakat Partisipatif dalam Pengawasan Pemilu

Bawaslu Bangka Ajak Masyarakat  Partisipatif dalam Pengawasan Pemilu

--

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Bawaslu Kabupaten Bangka meningkatkan pelaksanaan pengawasan masyarakat dalam pelaksanaan setiap tahapan Pemilu 2024. Hal tersebut dilakukan dengan sosialisasi pengawasan partisipatif ke seluruh kecamatan di Kabupaten Bangka.

BACA JUGA:Banyak Inovasi, Pemkab Basel Optimis Kembali Raih Adipura

Ketua Bawaslu Bangka, Sugesti menyebutkan bahwa sosialisasi pengawasan partisipatif ini merupakan langkah-langkah yang dilakukan untuk melibatkan seluruh lapisan masyarakat di setiap kecamatan se-Kabupaten Bangka. Elemen masyarakat seperti mahasiswa, organisasi kepemudaan, organisasi masyarakat, tokoh masyarakat dan tokoh agama hingga peserta didik diajak untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran Pemilu.

Melalui kegiatan ini diharap dapat menjadi momentum dalam mencegah pelanggaran-pelanggaran seperti politik uang  di setiap tahapan. Mulai dari kampanye, masa tenang hingga saat pemungutan suara.

BACA JUGA:Curi Motor, Pemuda Air Gegas Ini Dilumpuhkan Polisi dengan Timah Panas

"Kegiatan ini sudah kami lakukan di beberapa titik kecamatan dan masih berlangsung hingga hari ini di empat kecamatan seperti di Kecamatan Merawang, Mendo Barat, Puding Besar dan Kecamatan Bakam," ujar Sugesti kepada wartawan, Jumat (2/4).

Ia menambahkan, pentingnya pelaksanaan sosialisasi ini adalah untuk mencegah terjadinya pelanggaran atau praktik-praktik yang mencederai proses demokrasi dalam Pemilu serentak 2024 yang tidak lama lagi akan digelar.

BACA JUGA:Pencuri 15 Motor Ini Menyesali Perbuatannya, Ngakunya Ingin Tobat

Menjelang masa tenang, Sugesti juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menyampaikan dan meneruskan kepada pengawas pemilu jika ada pelanggaran yang terjadi di lingkungan masyarakat.

"Harapan kita melalui kegiatan ini adalah masyarakat tidak takut untuk menyampaikan temuan atau pelanggaran yang terjadi dilingkungan mereka. Saya juga mengajak seluruh masyarakat untuk berperan serta aktif  dalam mengawasi setiap tahapan pemilu," sebutnya.

BACA JUGA:Dinilai Dukung Pembangunan Kota Pangkalpinang, PT Timah Raih Penghargaan dari Pemkot Pangkalpinang

Sementara itu Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Bangka, Anja Kusuma Atmaja menambahkan penting adanya pemahaman mengenai kepemiluan kepada seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari pelajar hingga tokoh masyarakat dan tokoh agama sehingga masyarakat juga dapat mengawasi setiap proses tahapan Pemilu serentak 2024.

Menurut Anja, melalui sosialisasi ini diharapkan integritas dan kualitas pengawasan dapat berlangsung dengan baik dan berjalan sesuai dengan regulasi dan undang-undang yang berlaku.

BACA JUGA:Rusmaliza Bisa Kembangkan Bisnis Sembako dengan Dukungan Program PUMK PT Timah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: