Rudianto Tjen Harapan Nelayan Babel

Rudianto Tjen Harapan Nelayan Babel

Rudianto Tjen Saat Berbincang Dengan Warga.-dok-

ANGGOTA DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil Bangka Belitung (Babel), Ir. Rudianto Tjen dinilai konsisten dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat nelayan di Negeri Serumpun Sebalai. Hal ini dibuktikan dari 51 unit bantuan kapal penangkap ikan yang didapat para nelayan Babel dari Kemensos RI pada tahun 2023 berkat pengusuluan politisi PDIP tersebut.

----------

RUDI menjelaskan, dirinya sebagai wakil rakyat akan terus berjuang menyampaikan aspirasi masyarakat Babel di tingkat pusat, tak terkecuali yang berprofesi sebagai nelayan. 

Ia berharap masyarakat mendapatkan manfaat jangka panjang dan berkelanjutan dari berbagai program pemerintah pusat maupun daerah.

"Tentu saja saya sebagai anggota DPR RI yang dipilih oleh bapak bapak dan ibu ibu semua dari Bangka Belitung dan tentu saja saya di Jakarta sana adalah konsentrasi selalu memperjuangkan masyarakat Bangka dan Belitung," kata Rudianto Tjen saat menggelar reses di Sungaiselan, Bangka Tengah, pekan lalu.

BACA JUGA:Rudianto Tjen Ingin Milenial Babel Diberi Ruang Kreasi Digital

"Kita bekerja bukan hanya manfaat sesaat tetapi kita bekerja untuk manfaat jangka panjang dan menyelesaikan masalah yang ada di republik ini," sambung legislator asal Babel tersebut.

Tak hanya memperjuangkan bantuan untuk nelayan, Rudi juga akan terus berupaya agar masyarakat pesisir di Babel dibekali dengan wawasan dan pelatihan dalam pengolahan komoditas hasil laut. 

Politisi PDI Perjuangan itu berharap, hasil tangkapan para nelayan tidak hanya dijual dalam bentuk mentahan. Akan tetapi bisa diolah menjadi berbagai produk sehingga hal tersebut akan menambah nilai jual.

"Kita ketahui bahwa salah satu pencaharian masyarakat di Bangka Belitung ini adalah sektor perikanan kelautan. Saya pikir perlu untuk para nelayan kita diedukasi tentang berbagai pengetahuan bagaimana mengolah komoditas hasil laut agar memberikan nilai tambah," kata Rudianto Tjen.

Rudi juga menilai, dengan diolahnya hasil tangkapan ikan dapat meningkatkan akses pasar para nelayan untuk menjual produknya, bahkan tidak menutup kemungkinan dapat menembus pasar internasional.

BACA JUGA:Rudianto Tjen, Role Model Legislator di Babel

"Nanti dari produk itu bisa masuk pasar dengan inovasi produksi olahan ikan ini. Kita harapkan dengan hasil tersebut bisa menjadikan perekonomian masyarakat pesisir menjadi lebih baik kedepannya," kata Rudi.

Wakil rakyat yang dikenal peduli itu berharap pengembangan dan pemberdayaan masyarakat pesisir dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan kesejahteraan dan nelayan semakin produktif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: