Bawaslu Bateng Gelar Pelatihan Saksi Parpol, Tamimi : Pilih Saksi Jangan Asal Comot

Bawaslu Bateng Gelar Pelatihan Saksi Parpol, Tamimi : Pilih Saksi Jangan Asal Comot

Bawaslu Bangka Tengah Gelar Pelatihan Saksi Parpol--

BABELPOS.ID, PANGKALAN BARU - Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah (Bawaslu Bateng) menggelar kegiatan Fasilitasi Pelatihan Saksi Parpol di Soll Marina Hotel & Conference Centre Bangka, pada Rabu (27/12/2023).

Anggota Bawaslu Bateng, Tamimi mengatakan pelatihan saksi parpol sangat penting, mengingat saksi Pemilu  merupakan pihak yang krusial dalam pemungutan dan perhitungan suara untuk memastikan apakah sudah berjalan jujur dan adil proses pemungutan suara.

"Saksi Parpol yang diutus oleh Parpol itu adalah orang yang memahami betul tugasnya sebagai saksi, karena jika tidak kompeten, maka dapat merugikan peserta pemilu," ujar Tamimi.

"Jadi, untuk menentukan saksi harus melihat latar belakangnya, jangan asal comot," sambungnya.

BACA JUGA:Mutasi Dinilai Modus PHK, Pegawai Rumah Sakit Medika Stania Demo Manajemen

Kata Dia, saksi itu bukan hanya melihat dan mendengar, jika tidak berperan sama saja seperti ada dan tiada, maka hati-hati dalam memilih saksi.

"Saksi ini ada 2, yakni satu di dalam dan satu di luar, jadi harus diperhatikan dengan benar tugas saksi untuk menjamin agar pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara berlangsung jujur sesuai peraturan perundang-undangan," tuturnya.

BACA JUGA:Didemo Karyawan Karena Mutasi Modus PHK, Ini Penjelasan Manajemen Rumah Sakit Medika Stania

Ia berharap, agar peserta dapat memahami peran saksi, kompetensi saksi, menejemen pengetahuan saksi, dan paham potensi persoalan yang ada di TPS.

"Nanti ada 5 surat suara dan kita prediksi malam selesai, mudah-mudahan Bawaslu, KPU, rekan-rekan saksi dan lainnya tetap sehat sampai acara selesai," imbuhnya. (sak/ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: