4 Proker Unggulan MUI Kota Pangkalpinang Tahun 2023 Sukses Dilaksanakan

4 Proker Unggulan MUI Kota Pangkalpinang Tahun 2023 Sukses Dilaksanakan

Salah satu kegiatan MUI Kota Pangkalpinang tahun 2023.--(ist)

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG -  Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pangkalpinang sukses melaksanakan sejumlah Program Kerja (Proker) unggulan di tahun 2023.

Ketua Umum MUI Kota Pangkalpinang, H. Syamsumi Saleh didampingi Sekretaris, H. Zainuddin Alwi, Selasa, 19 Desember 2023, kepada babelpos.id, mengucap syukur sebab sejumlah kegiatan tersebut, kini telah usai dilaksanakan dan berhasil mendapatkan atensi bagus dari umat Islam dan Pemerintah Kota Pangkalpinang. Program MUI tersebut juga dinlai mampu memberikan ilmu penuh manfaat yang lebih baik di tengah kehidupan umat dan masyarakat khususnya di Kota Pangkalpinang.

BACA JUGA:MUI Datangi Pemprov Kep. Babel, Sampaikan 3 Hal Ini

Adapun kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan tersebut antara lain, mulai dari pembinaan muallaf oleh Komisi Ukhwah Islamiyah MUI Kota Pangkalpinang yang dilaksanakan pada 11 November 2023 di Aula MIN NU Pangkalpinang.

Kegiatan pembinaan kepada para muallaf di Kota Pangkalpinang ini dilaksanakan guna mendorong penguatan dan pendalaman keimanan, keyakinan, ketauhidan bagi para muallaf termasuk mengenai kualitas bacaan surat al-qur`an, pemahaman sejarah al-qur`an, asbabun qur`an. Pembinaan ini menjadi sangat penting, karena al-qur`an adalah way of life bagi setiap umat muslim yang mengaku beriman kepada Allah SWT. dan Nabi Muhammad SAW

“Alhamdulillah kegiatan ini setiap tahun selalu disambut antusias oleh para muallaf untuk memperkuat keimanan dan akidahnya tentang Islam. Karena mereka ini ada yang masuk Islam melalui pernikahan maupun hidayah secara langsung, sehingga sangat perlu pemahaman-pemahaman yang lebih mendalam,” ujarnya seraya berharap, cita-cita MUI Kota Pangkalpinang untuk membangun rumah singgah muallaf segera dapat terealisasi di tahun mendatang.

BACA JUGA:LPPOM MUI Babel Bertekad Pertahankan Gelar Juara di Ajang Nasional 2023

Komisi Perundang-undangan dan Fatwa MUI Kota Pangkalpinang juga telah melaksanakan kegiatan Pelatihan/ Penertiban Petugas Kuburan yang dilaksanakan pada 12 November 2023 di Gedung OR Kantor Walikota Pangkalpinang.

Para peserta pelatihan mendapatkan pembekalan ilmu sesuai syariat, mulai dari awal meninggal, pelaporan kepada pihak masjid, fardu kifayah mengafani, mensholati hingga menguburkan mayit, termasuk tentang penertiban pencatatan data orang yang meninggal.

Hal ini menjadi penting agar semua menjadi tertib administrasi, terkait lokasi dimana para jenazah dikuburkan, nama-nama jenazah akan terdaftar di administrasi pengurus masjid maupun pengurus tingkat kelurahan, kelak dapat diketahui dengan baik oleh pihak keluarga di Pangkalpinang, luar daerah bahkan luar negeri 

“Upaya ini merupakan salah satu upaya peremajaan dalam penertiban administrasi yang lebih baik untuk jenazah maupun pihak keluarga, karena tugas MUI itu tidak hanya mengurus soal orang hidup tapi yang meninggal  juga harus ditertibkan. Langkah ini terus kami laksanakan dengan penuh komitmen, termasuk salah satu contoh tanah perkuburan yg di sumbangkan oleh pak walikota atau  Pemerintah Kota Pangkalpinang  yang sudah dilaksanakan dan sudah menjadi yayasan perkuburan satu-satu nya yang ada di Kota Pangkalpinang adalah di Perkuburan Kelurahan Air Kepala Tujuh Kecamatan Gerunggang Kota Pangkalpinang,” sebutnya.

BACA JUGA:LPPOM MUI Babel Dorong Pemerintah Tingkatkan Pengawasan Pelaku Usaha Tak Bersertifikasi Halal

H. Syamsuni Saleh juga menambahkan bahwa MUI Kota Pangkalpinang juga melaksanakan Pelatihan Imam Dan Khotib  yang telah dilaksanakan pada 18 November 2023 di Aula Masjid Raudhatul Jannah Kelurahan Keramat, Kecamatan Rangkui.

Pelatihan ini sekaligus sebagai bukti penting bahwa sdm imam dan khotib tidak hanya butuh modal keberanian untuk manggung tapi juga  harus paham betul syarat syah rukun sebagai khotib maupun imam secara detail. Untuk itu MUI Kota Pangkalpinang juga terus berupaya memfasilitasi dengan memberi bekal yang mumpuni melalui pemberi materi dari tokoh MUI yang kredibel. Seluruh kegiatan ini diikuti para peserta dari 7 kecamatan se- Kota Pangkalpinang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: