Pembibitan Mangrove PT Timah Tbk di Unit Produksi Kundur Pembibitan Tiga Jenis Mangrove

Pembibitan Mangrove PT Timah Tbk di Unit Produksi Kundur Pembibitan Tiga Jenis Mangrove

--

BABELPOS.ID, KUNDUR - PT Timah Tbk konsisten melakukan penanaman mangrove di wilayah operasional perusahaan. Penanaman mangrove ini merupakan langkah nyata perusahaan dalam menjaga ekosistem pesisir dan meredam krisis iklim.

BACA JUGA:Waspada LSD pada Ternak, DPKP Bateng Gencarkan Vaksin, Ini Gejalanya!

Untuk mendukung kegiatan program penanaman mangrove di wilayah operasional Perseroan, PT Timah Tbk di Unit Produksi Kundur juga melakukan pembibitan mangrove di lokasi Mangrove Nursery.

Pembibitan Mangrove PT Timah Tbk Unit Produksi Kundur membudidayakan beberapa jenis bibit mangrove yang tersedia seperti perpat, api-api, dan mangrove.

Saat ini jumlah bibit mangrove yang ada di Nursery sebanyak 10.376 bibit yang terdiri dari 3.500 bibit mangrove, 6.456 jenis apikal, dan 450 perpat.

BACA JUGA:Langkah Konkret PT Timah Tbk Pelestarian Satwa, Bentuk PPS Alobi hingga Lakukan Penangkaran Rusa

Selain melakukan pembibitan, PT Timah Tbk juga terus mengambil bibit hasil budidaya masyarakat. Hal ini sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat dan penggerak perekonomian masyarakat.

Head of Corporate Communications PT Timah Tbk Anggi Siahaan menjelaskan, pembibitan mangrove ini untuk mendukung kegiatan penanaman mangrove yang dilakukan perseroan.

BACA JUGA:Kemajuan Usaha Perebusan Ikan Asin Dewi Bersama PT Timah Tbk, Mampu Hasilkan Ratusan Kilo Ikan Asin per Hari

PT Timah Tbk sering melakukan penanaman mangrove di wilayah pesisir baik di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung maupun di Provinsi Kepulauan Riau. Penanaman mangrove merupakan upaya membantu mencegah abrasi, melindungi ekosistem pesisir, dan menghentikan krisis iklim.

“Jika ekosistem mangrove tetap terjaga maka dapat memberikan banyak manfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitar. Jika mangrove tetap terjaga maka ekosistem disekitarnya juga akan berkembang dengan baik, apalagi mangrove merupakan habitat ikan, udang, dan kepiting, sehingga ini berdampak pada kelompok nelayan,” ujarnya, Senin (6/11/2023). 

BACA JUGA:RS KIM Sudah 3 Bulan Layani Pasien BPJS

PT Timah Tbk sendiri telah menanam puluhan ribu pohon mangrove di kawasan pesisir pantai pada pertengahan tahun 2016-2022. Jumlah mangrove yang ditanam anggota MIND Mining Industry mencapai 44.050 tanaman.

Dalam melaksanakan penanaman mangrove, PT Timah Tbk juga kerap berkolaborasi dengan kelompok masyarakat seperti nelayan, pelajar, dan kelompok pemuda.(pas/rel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: