Bangka Tengah Bakal Kembangkan Teknologi Perebusan dan Pengeringan Ikan di Batu Belubang

Bangka Tengah Bakal Kembangkan Teknologi Perebusan dan Pengeringan Ikan di Batu Belubang

Algafry Rahman, Bupati Kabupaten Bangka Tengah--

BABELPOS.ID, KOBA - Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) dalam mengembangkan teknologi di sektor perikanan, salah satunya dengan rencana penerapan prototipe teknologi sarana usaha pengolahan ikan kering dan perebusan ikan.

BACA JUGA:Serangan Darat Tak Kunjung Jadi, Relawan: Karena Pasukan Elite Israel Lenyap!

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengatakan untuk menerapkan teknologi tersebut, pihaknya menjalin kerjasama dengan Politeknik Manufaktur Negeri (Polman) Bangka Belitung (Babel).

"Kita sudah menjalin kerjasama dengan Polman Bangka Belitung, karena semua yang mengarah ke bidang teknologi guna memudahkan kehidupan masyarakat akan terus kita usahakan," ujarnya kepada awak media, Rabu (25/10/2023).

BACA JUGA:Meriahkan Peringatan Hari Jadi Provinsi Kep. Babel Ke 23, Pemprov Gandeng CSR Perusahaan

Dikatakan Algafry, kerjasama tersebut berkaitan dengan penyelenggaraan penelitian dan pengembangan teknologi perebusan dan pengeringan ikan di Desa Batu Belubang, Bangka Tengah.

"Ini merupakan upaya mengejar ketertinggalan dan untuk mengembangkan teknologi di bidang perikanan serta kelautan di Bangka Tengah, dengan harapan akan ada sumbangsih ide dan gagasan dari teman-teman Polman Babel dalam penerapan teknologi pada perikanan kita yang dapat berimbas pada kesejahteraan masyarakat," terangnya.

BACA JUGA:Bawaslu Pangkalpinang Akui Sukses Edukasi Peserta Pemilu, Wahyu: Kesadaran Luar Biasa

Kata Dia, kerjasama ini juga untuk memperkuat dukungan dalam menghasilkan produk perikanan.

"Selama ini masyarakat selalu menggunakan sensor feeling (kira-kira-red), bahkan suhu dari panas air saja itu main celup tangan, jadi dari situ saya mengajak Polman Babel untuk membantu kami memberikan semacam terapan teknologinya, bagaimana mengelola ikan rebus secara hiegenis dengan teknologi yang ada," tuturnya.

BACA JUGA:PT Timah Tbk Kenalkan Proses Bisnis Produk Jadi Timah di Konvensi Bersama Pangkalpinang

"Sehingga, semuanya tidak lagi pakai sensor feeling, suhu sesuai panas derajat yang akurat," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Bateng, Imam Soehadi mengatakan kerja sama ini merupakan upaya untuk mendorong dan memperkuat hilirisasi produk perikanan melalui prototipe sarana perebusan dan pengeringan ikan yang didanai oleh APBD Bangka Tengah TA 2023, khususnya Dana Insentif Fiskal TA 2023.

BACA JUGA:Galeri 24 Ajak Masyarakat Bangka Belitung Menabung Emas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: