Ini Rencana Induk Kota Pintar yang Disusun Bangka

Ini Rencana Induk Kota Pintar yang Disusun Bangka

Bimtek penyusunan smart city Kabupaten Bangka.--Ist

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka, berhasil menyusun rencana induk (Masterplan) kota pintar "Smart City" guna perencanaan tata kelola kota yang terintegrasi berbasis teknologi informasi.

Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bangka, Tedy Sudarsono, mengatakan, dengan tersusunnya rencana induk kota pintar diharapkan kedepannya dapat mewujudkan misi dan visi pembangunan berbasis teknologi informasi atau platform digital yang cerdas.

BACA JUGA:Kick Off Meeting, Bappeda Bangka Siap Susun KLHS RPJPD 2025-2045

Ada enam dimensi kota pintar dalam rencana induk yang berhasil disusun meliputi, tata kelola "Smart Governance" atau Trec Matras, "Branding" dengan memilih merek Gerbang Dewi, kemudian  pada sektor ekonomi yang menyangkut keamanan pangan.

Selanjutnya kata Tedy Sudarsono, dimensi "Smart Living" atau Sister Desi, kondisi masyarakat "Society" Gerbang Mulya dan "Enviroment" atau lingkungan hidup dengan sebutan Sipetarung.

"Rencana induk kota pintar digarap selama empat bulan dengan melibatkan instansi pemerintah, swasta, akademis dan pihak pendukung yang lain," kata dia, Selasa (10/10).

BACA JUGA:Pemkab Bangka Kembangkan Pembangunan Berbasis Smart City

Pengembangan konsep kota pintar kata Tedy, setelah sebelumnya Kabupaten Bangka ditunjuk oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) RI, menjadi salah satu daerah di Indonesia yang ikut program 100 "Smart City".

Pengembangan konsep kota pintar, merupakan terobosan baru dengan memanfaatkan suatu kecanggihan teknologi informasi yang inovatif dan kreatif sehingga diharapkan mampu mengatasi permasalahan sosial yang semakin berkembang serta kompleks.(*)

BACA JUGA:BPBD Susun Kajian Resiko Bencana di Kabupaten Bangka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: