Kick Off Meeting, Bappeda Bangka Siap Susun KLHS RPJPD 2025-2045

Kick Off Meeting, Bappeda Bangka Siap Susun KLHS RPJPD 2025-2045

Kick Off penyusunan KLHS RPJPD Bangka.--Ist

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bangka mengadakan acara kick off meeting persiapan penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Bangka Tahun 2025-2045. Acara ini dihadiri oleh seluruh anggota yang tergabung dalam tim penyusun KLHS maupun RPJPD, tim ahli dari Universitas Bangka Belitung serta narasumber dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Acara dimoderatori oleh Darol Arkum, selaku Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Kabupaten Bangka. Timeline dalam proses penyusunan RPJPD dan KLHS disampaikan mengingat pentingnya komitmen bersama dalam penyusunan dokumen. Timeline akan menjadi pedoman teknis bersama untuk menyelesaikan dokumen KLHS secara tepat waktu dan berkualitas.

BACA JUGA:Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Nasional, Bappeda Bangka Presentasi Finalis T0P 99 & TOP 15

Dalam paparannya, Pan Budi Marwoto, selaku Kepala Bappeda Kabupaten Bangka menyampaikan beberapa aspek persiapan penyusunan RPJPD 2025-2045 dan gambaran umum evaluasi RPJPD 2005-2025, tahapan penyusunan RPJPD, sistematika evaluasi dan dokumen RPJPD, keselarasan dokumen dokumen RPJPD dan RPJMD, capaian indikator makro pembangunan, serta capaian RPJPD 2005-2025.

Dr. Ismed Inonu dan tim ahli lainnya dari Dosen Universitas Bangka Belitung menyampaikan persiapan penyusunan kajian lingkungan strategis dalam RPJPD meliputi pedoman penyusunan KLHS, dasar hukum, tahapan pembuatan KLHS, indikator, isu strategis, makro ekonomi, isu lingkungan, masalah kesehatan, kondisi alam Kabupaten Agam serta perspektif penyusunan RPJPD. 

"Perlunya analisis dalam menentukan prioritas pembangunan 25 tahun kedepan berdasarkan dokumen RPJP Nasional, RPJP provinsi dan dokumen relevan lainnya serta mempertimbangkan indikator capaian pelaksanaan SDGs," paparnya.

BACA JUGA:Bappeda Bangka Memburu Inovasi

Edwin Setiady dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengapresiasi langkah cepat Kabupaten Bangka menyusun dokumen KLHS RPJPD Kabupaten Bangka Tahun 2025-2045 dan menyampaikan bahwa dokumen KLHS ini sangat penting untuk memastikan perencanaan daerah memasukkan aspek tatakelola lingkungan hidup berkelanjutan.

Selanjutnya, dalam diskusi dibahas beberapa capaian indikator makro ekonomi dan sosial Kabupaten Bangka sebagai highlight capaian pembangunan seperti pertumbuhan ekonomi dan pendapatan perkapita, kondisi lingkungan, distribusi pendapatan dan kemiskinan, tingkat pengangguran, indeks pembangunan manusia serta neraca keuangan daerah dibahas lebih secara lebih tajam. (*)

BACA JUGA:Kepala LPPM Stisipol P12: Perbaikan Lahan Eks Tambang Efektif Menurunkan Kemiskinan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: