Kecuali AS, Semua Dukung dan Tegas: Palestina Merdeka!

Kecuali AS, Semua Dukung dan Tegas: Palestina Merdeka!

--

BABELPOS.ID.-Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) menegaskan dukungan Riyadh untuk Palestina.

MBS menyatakan Saudi sedang mengupayakan secara internasional maupun regional untuk menghentikan eskalasi konflik.

Dukungan terhadap Palestina juga datang dari Korea Utara (Korut).  Serangan Hammas menurut Korut, adalah konsekuensi dari tindakan kriminal Israel yang tiada henti terhadap rakyat Palestina. 

Hal yang sama juga dikemukakan China.  Presiden Xi Jinping meneriakkan pendirian negara Palestina yang merdeka sebagai solusi perdamaian.

BACA JUGA: Rudal Hammas Kembali Hujani Israel: Pergilah Pemukim Haram Yahudi!

"Kami menyerukan pihak-pihak terkait untuk tetap tenang, menahan diri dan segera mengakhiri permusuhan untuk melindungi warga sipil dan menghindari memburuknya situasi," kata Kementerian Luar Negeri China seperti dikutip CNBC International.

"Jalan keluar mendasar dari konflik ini terletak pada penerapan solusi dua negara dan pembentukan Negara Palestina yang merdeka," tegasnya lagi.

Di sisi lain, Rusia juga buka suara soal pertempuran terbaru antara Israel dan kelompok Hammas di Gaza, Palestina. Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Rusia, Maria Zakharova.

Menurut Zakharova, Rusia menganggap konflik itu sebagai konsekuensi dari ketidakpatuhan terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB. Menurutnya, perlu ada cara-cara politik dan diplomatik.

"Ini (dapat diselesaikan) melalui pembentukan proses negosiasi penuh mengenai perjanjian internasional yang mengatur pembentukan negara Palestina merdeka berdasarkan perbatasan tahun 1967,'' tegasnya.

Bagaimana dengan Amerika Serikat?  

BACA JUGA:Biadabnya Tentara Israel, Tembak Warga Palestina di Pintu Masuk Masjid Al-Aqsa

Sudah dapat ditebak, 'kakak kandung' Israel ini mendukung Israel setelah terjadinya serangan. Ia menyebut komitmen Washington agar Tel Aviv mempunyai apa yang dibutuhkannya untuk menjaga rakyatnya, membela diri, dan meminta pertanggungjawaban Hamas.

Selain itu, Washington juga mengirimkan beberapa kapal dan pesawat militer lebih dekat ke Israel sebagai bentuk dukungan. Hal ini disampaikan Menteri Pertahanan Lloyd Austin, Minggu (8/10/2023).(berbagai sumber/red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: