Ada Kebakaran, Laporkan Sini!

Ada Kebakaran, Laporkan Sini!

Ridwan -Tri-

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka, Ridwan S.PKP, mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang menjadi ancaman serius di musim kemarau saat ini.

Dalam pernyataannya, Ridwan menggarisbawahi betapa pentingnya menjaga lingkungan dari tindakan yang dapat memicu Karhutla.

"Kami mengimbau masyarakat Kabupaten Bangka untuk tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar, juga untuk tidak membakar sampah sembarangan, terutama di musim sekarang," ucapnya, Selasa (19/09/2023).

BACA JUGA:BPBD Susun Kajian Resiko Bencana di Kabupaten Bangka

Imbauan ini menjadi langkah awal yang sangat penting untuk mencegah Karhutla yang bisa merugikan banyak pihak, termasuk lingkungan dan ekonomi lokal.

Ridwan menjelaskan tindakan yang harus diambil masyarakat jika terjadi kebakaran adalah segera melapor ke BPBD, Damkar, atau Polsek terdekat untuk penanggulangan Karhutla tersebut.

"Laporan cepat ini dapat memungkinkan respon yang lebih efektif dan cepat dalam memadamkan api sebelum meluas," jelasnya.

BACA JUGA:BPBD Babel Ajak Masyarakat Antisipasi Dampak Kemarau

Untuk memudahkan itu, Ridwan S.PKP juga memberikan nomor pribadinya yang dapat dihubungi oleh masyarakat selama 24 jam penuh.

“Kita tidak berharap terjadi musibah, tetapi kita harus selalu waspada oleh karena itu Silahkan masyarakat jika memerlukan bantuan dari BPBD, bukan hanya terkait Karhutla, tapi juga dalam menghadapi bencana alam lainnya seperti puting beliung, banjir, petir, dan lain-lain. Nomor yang bisa dihubungi adalah 085268177666," ujarnya.

BACA JUGA:Tiap Hari Ada Karhutla di Babel, BPBD Sudah Tangani Ratusan Hektar

Ridwan juga menyampaikan amanat Bupati Bangka agar masyarakat selalu bergotong royong, menjaga kebersihan lingkungan dan wilayah masing-masing.

"Masyarakat Kabupaten Bangka diharapkan untuk merespons himbauan ini dengan serius dan berperan aktif dalam menjaga lingkungan serta keamanan wilayah mereka. Kerjasama dan kewaspadaan bersama adalah kunci untuk menghadapi potensi ancaman Karhutla dan bencana alam lainnya," pesan Ridwan yang menegangkan BPBD Kabupaten Bangka siap memberikan bantuan dan dukungan dalam mengatasi setiap situasi darurat yang mungkin terjadi.(*)

BACA JUGA:Ingatkan Soal Keselamatan Menambang, Ini Imbauan BPBD Bangka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: