Tingkatkan Pelayanan, Operator SPBU Dapat Pelatihan Penyegaran

Tingkatkan Pelayanan, Operator SPBU Dapat Pelatihan Penyegaran

Pelatihan operator SPBU SE Pulau Bangka --Agus

BABELPOS.ID, NAMANG - Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Pangkalbalam Kota Pangkalpinang Provinsi Bangka Belitung memberikan pelatihan penyegaran bagi ratusan operator Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) se Pulau Bangka, Selasa (12/9/2023). 

Pelatihan yang dipusatkan di Mako Batalyon Infanteri (Yonif) 147/ Ksatria Garuda Jaya (KGJ) Kecamatan Namang, Bangka Tengah ini diikuti sebanyak 100 operator dari 55 SPBU yang ada di Pulau Bangka. 

Kegiatan ini dihadiri Sales Area Manager Retail Babel Adeka Sangtraga Hitapriya, Manager Fuel Terminal Pangkalbalam Rezky Kurniawan, Komandan Yonif 147/KGJ Mayor inf Yokki Firmansyah dan Kapolres Bangka Barat AKBP Ade Zamrah. 

BACA JUGA:Peringatan Hari Pelanggan Nasional, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel Sapa Pelanggan di Bangka Belitung

Adeka Sangtraga Hitapriya menyampaikan bahwa dalam rangka mengoptimalisasi layanan dan keselamatan operasional di SPBU, pihaknya terus berupaya mengedukasi dan meningkatkan kompetensi operator SPBU sebagai garda terdepan perusahaan dalam penyaluran produk BBM untuk masyarakat.

Untuk itu, kata dia, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan semangat melayani konsumen.

"Dalam kegiatan kali ini, kami bersinergi dengan TNI/Polri, yang mana targetnya adalah refreshment, dimana yang pertama adalah kedisiplinan. Kalau kita bicara benang merahnya kan, TNI/Polri, pertamina sampai ke level terbawah garda terdepan itu adalah operator SPBU. Jadi disini kita sinergikan sekaligus untuk merefresh terkait pengetahuan keselamatan dari segi kemampuan memadamkan kebakaran bilamana terjadi di SPBU," ujar Adeka kepada Babel Pos disela-sela kegiatan. 

BACA JUGA:Pertamina Imbau Masyarakat Beli LPG di Pangkalan Resmi, Tak Segan Tindak Tegas Pangkalan Nakal

Melalui kegiatan ini, Adeka berharap operator maupun pengawas SPBU Pertamina dapat meningkatkan pelayanannya dalam rangka meningkatkan kepuasan pelanggan, sehingga pelanggan semakin nyaman dan aman ketika bertransaksi.

Selain itu, dia juga berharap para operator terhindar akan dari pelanggaran baik dalam penyaluran bahan bakar minyak bersubsidi maupun non subsidi. 

"Pelatihan ini akan kita continue kan, sehingga nanti harapan kami pelayanan di masyarakat baik subsidi maupun non subsidi di SPBU lebih baik lagi," harapnya. 

BACA JUGA:Komitmen Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel Perangi Stunting di Bangka

Adeka menyebut, dalam pelatihan ini, para operator dibekali dengan materi terkait penyaluran BBM Subsidi, imbauan dari polres terkait dasar hukum dan pasal-pasal tentang penyaluran BBM Subsidi, strategi peningkatan penjualan Bahan Bakar Khusus (BBK), kualitas pelayanan SPBU, serta simulasi langsung standar layanan dan praktek Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lindungan Lingkungan (K3L), termasuk cara menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). 

"Jadi dengan adanya pelatihan ini minimal mereka punya pengalaman tentang SOP pelayanan di SPBU, ya ketika terjadi kebakaran di SPBU, mereka bisa cepat dan tanggap dalam menanggulanginya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: