Warga Miskin Babel Bakal Dapat 350 Ribu Per Bulan

Warga Miskin Babel Bakal Dapat 350 Ribu Per Bulan

Herman Suhadi --Julian

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - DPRD Bangka Belitung (Babel) menyetujui adanya anggaran pengentasan kemiskinan ekstrim di Babel, dengan alokasi yang disiapkan sebesar Rp14 miliar lebih.

Ketua DPRD Babel H Herman Suhadi menjelaskan, bahwa alokasi ini merupakan mandatory dari pemerintah pusat untuk dilaksanakan di setiap daerah. Berdasarkan data yang diterima Pemprov Babel, tercatat ada 14.300 lebih masyarakat Babel termasuk dalam kriteria kemiskinan ekstrim.

"Ya, jadi ini sudah disetujui tadi dalam banggar (badan anggaran), dengan leading sektornya di dinas sosial pemberdayaan masyarakat desa," jelas Herman, Selasa (28/9).

BACA JUGA:Pj Gubernur Suganda Harapkan IPSM Bersinergi dengan Pemprov Babel Atasi Stunting dan Kemiskinan Ekstrim

Diutarakan Herman, alokasi ini sebagai dana insentif bagi masyarakat yang termasuk dalam kriteria kemiskinan ekstrim di tujuh kabupaten/kota di Babel. Per orang, Pemprov akan memberikan bantuan sebesar Rp350 per orang per bulan.

"Kita lakukan ini selama tiga bulan, by name by addres. Ini cara intervensi kita untuk mengentaskan kemiskinan ekstrim," terang Herman.

BACA JUGA:Pj Gubernur Targetkan Kepulauan Babel Jadi Provinsi Pertama yang Keluar dari Kemiskinan

Lebih lanjut, kata Herman, usai disetujui di pembahasan anggaran, pihaknya akan mengesahkan di paripurna.

"Selain pengentasan kemiskinan ekstrim, prioritas lainnya yakni penanganan stunting yang kita alokasikan sebesar Rp7 miliar, lalu sektor pendidikan hingga pembangunan. Mudah-mudahan anggaran cukup," imbuhnya.(*)

BACA JUGA:Evaluasi dari Ombudsman RI, Tekankan Tugas Pemerintah Daerah Sejahterahkan Masyarakat Miskin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: