Perebutkan Kulkas, Bateng Gelar Lomba Masak Cumi dan Bakal Luncurkan Produk Kemasan Kaleng

Perebutkan Kulkas, Bateng Gelar Lomba Masak Cumi dan Bakal Luncurkan Produk Kemasan Kaleng

--

BABELPOS.ID, KOBA - Terpaan panas matahari, tak menyurutkan semangat para Ibu-ibu mengikuti lomba masak cumi asam, apalagi hadiah yang ditawarkan tidak main-main, mulai dari kompur hingga kulkas. 

Diketahui, bagi pemenang lomba masak cumi asam, Juara 3 mendapatkan kompor gas, Juara 2 mendapat oven listrik, dan Juara 1 mendapat Kulkas.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Eva Algafry mengatakan dalam rangka meningkatkan konsumsi ikan pada masyarakat haruslah dimulai dari peningkatan konsumsi ikan di keluarga.

Dikatakan Eva, perlu adanya awal pondasi untuk dapat meningkatkan konsumsi ikan, yang dimulai dari sajian makanan di rumah.

"Ikan sebagai salah satu sumber protein hewani merupakan jawaban yang tepat dalam penyediaan gizi yang sehat, halal, dan baik terhadap keluarga," ujarnya di hadapan awak media, pada Kamis, (10/8/2023).

Ia menuturkan, salah satu kegiatan yang bisa dilakukan dalam meningkatkan konsumsi ikan, yakni kegiatan lomba masak serba ikan dan cumi, dengan harapan dapat mendorong terwujudnya diversifikasi produk olahan berbahan baku serba ikan, sehingga dapat meningkatkan pemahaman tentang pentingnya gizi ikan.

"Nah pada tahun 2023 ini kita kembali menggelar kegiatan lomba masak serba ikan dengan mengusung tema menu masakan serba ikan untuk menyehatkan masyarakat, mencegah stunting, dan mencerdaskan anak," tuturnya.

Ia menuturkan melalui penyelenggaraan lomba masak ini diharapkan mampu mendorong dan merangsang minat masyarakat untuk terus berkreasi menciptakan menu baru, sehingga minat mengkonsumsi ikan meningkat.

"Di samping itu sebagai sarana meyakinkan masyarakat bahwa mengkonsumsi ikan dapat dilakukan melalui beberapa cara pengolahan, agar tidak membosankan," tuturnya.

"Tentu kita ingin masyarakat ini berkreasi menciptakan menu baru dalam bahan baku olahan ikan, sehingga minat masyarakat dalam konstitusi ikan pun akan meningkat dengan hadirnya menu baru ini," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan, Imam Soehadi mengatakan setelah meluncurkan produk lembah kuning dalam kemasan kaleng, pihaknya juga bakal meluncurkan produk cumi dalam kemasan kaleng.

"InsyaAllah dalam festival cumi yang sudah kita gelar, kami akan buat produk lewat resep terbaik para peserta dan ini dalam kaleng, jadi varian kedua setelah lempah kuning ikan dalam kemasan kaleng," imbuhnya. (sak/ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: