Januari Hingga Juni 2023, Laka Lantas di Bateng Capai 22 Kasus, 17 Orang Meninggal

Januari Hingga Juni 2023, Laka Lantas di Bateng Capai 22 Kasus, 17 Orang Meninggal

Ipda Edman Furqon, SH selaku PS. Kasi Humas Polres Bangka Tengah--

BABELPOS.ID, KOBA - Satuan Lalu Lintas Polres Bangka Tengah (Bateng) mencatat telah terjadi 22 kasus kecelakaan lalu lintas per Januari hinga Juni 2023.

KBO Satlantas Polres Bangka Tengah, Ipda Edman Furqon mengatakan, dari data laka lantas yang terjadi itu, diketahui ada sebanyak 17 orang yang meninggal dunia.

"Lalu ada 14 orang yang mengalami luka berat dan 4 orang luka ringan," ujar Edman, Kamis (27/7/2023).

Ia menuturkan, berbeda dengan tahun sebelumnya, peristiwa laka lantas yang terjadi tahun ini kebanyakan berada di ruas jalan Kecamatan Simpang Katis dan Kecamatan Sungaiselan.

Sedangkan, pada tahun lalu, sebagian besar peristiwa kecelakaan lalu lintas di Bangka Tengah justru banyak terjadi di ruas Jalan Desa Penyak, Kecamatan Koba dan sekitarnya.

Lebih lanjut, Edman menerangkan bahwa peristiwa laka lantas yang terjadi di Bangka Tengah didominasi karena faktor kelalaian pengendara itu sendiri.

"Saya rasa faktornya, karena etika berkendara atau human eror, karena pengendara ini kadang-kadang tidak peduli dengan keselamatannya sendiri, salah satu contohnya perihal helm," ucapnya.

Kata Dia, untuk kecelakaan lalu lintas yang disebabkan karena faktor jalan hingga menyebabkan meninggal dunia, hanya sedikit peristiwa yang terjadi.

"Bahkan kadang-kadang kalau jalannya bagus justru yang bikin orang terlena untuk ngebut. Jadi memang kebanyakan itu faktor dari pengendaranya itu sendiri," tandasnya. (sak/ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: