Seleksi Komisioner KPU 2 Kabupaten dan 1 Kota, Dimulai

Seleksi Komisioner KPU 2 Kabupaten dan 1 Kota, Dimulai

--

BABELPOS.ID.- Tim Seleksi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka dan Belitung mengumumkan proses tahapan akan segera dimulai. Hal ini disampaikan oleh Ketua Timsel KPU 3 Kabupaten, Iskandar didampingi Sekretaris, Jaka Zia Utama, Anggota Luna Febriani, Wahyu Kurniawan dan Wargianto.

Menurut Iskandar, pengumuman seleksi tersebut akan dimulai Sabtu (15/7/2023) hingga 45 hari kedepan. Proses tahapan pengumuman juga dapat dilihat melalui website KPU dan para calon wajib melalui Siakba.

BACA JUGA:Timsel Bawaslu 7 Kabupaten Kota Jaga Integritas, Tak Ada Politik Transaksional

"Saya harap para peserta dapat mempersiapkan berkas-berkas. Pengumuman dimulai 15-26 Juli 2023. Berkas akan diterima selama jam kerja dan hari terakhir kita terima pukul 23.59. Timsel KPU untuk saat ini menunggu berkas sampai tanggal 26 Juli 2023," jelas Iskandar ditemui di Sekretariat Timsel, Jumat (14/7/2023) sore.

Menurut dia, waktu seleksi kali ini cukup ketat mengingat hanya diberikan tenggat waktu 45 hari hingga 30 Agustus. Timsel harus sudah mempersiapkan seluruh berkas 10 orang bakal calon tiap Kabupaten/Kota di KPU RI.

"Terkait ketentuan yang ada untuk peserta minimal berusia 30 tahun, kurang satu hari tidak bisa diterima. Berkas dari Belitung boleh dikirim dan mengisi berkas di upload ke Siakba. Hard copy harus diterima sebelum pleno," ungkapnya.

BACA JUGA:Rekrut Calon Komisioner Bawaslu Kabupaten/Kota, Timsel Turun Sosialisasi

Selain itu juga, timsel mengatakan proses yang akan dilakukan yakni tes kesehatan dan psikologi bekerjasama dengan pihak ketiga yakni Mabes TNI. Pihaknya tidak punya kendali banyak terkait tes kesehatan dan psikologi.

"Siapapun berhak mengikuti seleksi ini, kita akan jaga integritas timsel agar proses berjalan baik. Dari akademisi 4 orang dan 1 orang profesional kita akan berkolaborasi," tuturnya.

Lebih jauh, pihaknya juga berharap masyarakat dapat memberikan tanggapan kepada para calon komisioner yang akan mendaftar. 

"Silakan masyarakat menyampaikan karena sangat penting keberadaan calon komisioner ini. Ikuti dengan baik proses seleksi ini," tutupnya.***

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: