Perjuangan Keras Adnan Kasweri, Anak Pekerja Serabutan yang Punya Mimpi Jadi Akpol

Perjuangan Keras Adnan Kasweri, Anak Pekerja Serabutan yang Punya Mimpi Jadi Akpol

Adnan Kasweri -Reza-

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Tak ada yang lebih membanggakan bagi orang tua pasangan Sudaryo dan Pariyem warga Gabek saat anaknya Adnan Kasweri dinyatakan lolos seleksi calon taruna Akademi Kepolisian (Akpol) tingkat Panda Polda Bangka Belitung  2023. 

Capaian kelolosan bersama 7 peserta lainnya itu bukan tanpa kerja keras pada diri seorang Adnan Kasweri. Remaja kelahiran  7 Januari 2005 itu harus berjibaku secara mandiri mempersiapkan segala keperluan tes. Mulai dari latihan jasmani dan latihan akademik. 

Dalam persiapan itu, dirinya juga secara dibayangi dengan segala keterbatasan. Namun usahanya untuk menggapai cita-cita jadi calon perwira itu tak pernah surut. 

BACA JUGA:Kementerian ATR/BPN Hibahkan Aset untuk Pembangunan Masjid Kubah Timah PGK

"Persiapan saya pada tes Akpol tahun ini, dari pagi saya latihan jasmani. Siangnya diteruskan latihan psikologi dan akademik. Kemudian dilanjutkan sore hingga malam hari," katanya.

"Untuk psikologi dan akademik saya belajar dengan mandiri. Segala bahan-bahanya  saya cari di internet mulai dari soal dan materi-materinya," kisah  alumni SMAN 4 Pangkalpinang.

BACA JUGA:'Maling Besar' adalah Sinyal, DPRD Harus 1 Frekuensi Dengan Pj Gubernur

Pun akhirnya kerja keras itu  membuahkan hasil. Anak ketiga dari 4 bersaudara  meraih peringkat pertama dengan nilai capaian nilai 71,78. 

Sekilas ke belakang, ternyata Adnan bukanlah berangkat dari keluarga berada, melainkan biasa-biasa saja. Seperti keluarga-keluarga sederhana pada umumnya.  Ayahnya hanyalah seorang pekerja serabutan yang menggarap sebuah kebun kecil keluarga berisi ternak ayam. 

BACA JUGA:Serbu... Bazar Durian Air Mesu 13-15 Juli Ada Cumasi Hingga Super Tembaga

Tidak seperti remaja kebanyakan, sepulang sekolah Adnan lebih memilih membantu ayahnya berkebun. Membersihkan kebun dan mencari pakan ternaknya menjadi rutinitasnya sepulang sekolah.

"Keseharian saya membantu ayah di kebun. Dulu ayah kerja sebagai kuli bangunan, tapi karena pernah kecelakaan dan tak bisa bekerja, akhirnya ayah bekerja di kebun," tuturnya.

BACA JUGA:Buruan.... PLN Buka Lowongan Kerja

Pagi tadi (5/7) Panda Polda Bangka Belitung telah memberangkatkan Adnan bersama 7 calon taruna ke Jakarta untuk ikuti seleksi pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: