Dinas Kesehatan Pangkalpinang Tingkatkan Kualitas Manajemen Puskesmas

Dinas Kesehatan Pangkalpinang Tingkatkan Kualitas Manajemen Puskesmas

Peserta pelatihan manajemen Puskesmas yang digelar Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang.--Abot

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Melalui Pelatihan Manajemen Puskesmas, Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang berupaya meningkatkan mutu dan kompetensi SDM Puskesmas di Kota Pangkalpinang. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, DR dr Masagus Hakim M.Kes menjelaskan Puskesmas berperan dalam menyelenggarakan upaya hidup sehat. Hal ini dilakukan dalam meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk agar memperoleh derajat kesehatan yang optimal. 

BACA JUGA:Eks Puskesmas Girimaya Disiapkan untuk Karantina

Untuk mendukung hal ini, kerja Puskesmas diperlukan peningkatan kompetensi SDM melalui Pelatihan Manajemen Puskesmas. Dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan masyarakat yang optimal di wilayah kerjanya.

"Kita melatih para pegawai puskesmas maupun pegawai Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang. Bagaimana mereka memberikan pelayanan yang lebih baik di setiap puskesmas sesuai dengan standar," tuturnya.

BACA JUGA:Gedung Baru Puskesmas Pasir Putih Resmi Beroperasi

Setelah relaksasi dua tahun dilanda pandemi Covid-19, tahun ini puskesmas mulai akan dilakukan akreditasi. Mereka akan mempersiapkan standar akreditasi untuk mewujudkan hal tersebut.

"Akreditasi ini pengakuan dari lembaga independen. Penyelenggaraan akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri setelah memenuhi standar akreditasi," jelasnya.

BACA JUGA:Kadinkes Kota Cek Kesiapan Rumah Sakit Hadapi Keterbatasan Pasokan Listrik

Lebih jauh,  melalui pelatihan manajemen Puskesmas ini, dia berharap dapat memberikan pelayanan sesuai dengan standar yang dikeluarkan oleh kementerian kesehatan. 

"Pelatihan kita lakukan supaya puskesmas mengerti tentang standar tersebut," tutupnya.(*)

BACA JUGA:Cek Pelayanan Kesehatan RSUD DH, Molen Sebar Semangat Tenaga Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: