Meriahkan HUT 77 Bhayangkara, Forkopimda Babar Tanam Ribuan Mangrove di Lahan Eks Tambang

Meriahkan HUT 77 Bhayangkara, Forkopimda Babar Tanam Ribuan Mangrove di Lahan Eks Tambang

--

BABELPOS.ID, MENTOK - Memeriahkan rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-77 tahun 2023, Forkopimda Bangka Barat, menanam 4.000 pohon mangrove.

Ribuan mangrove jenis Perpat dan Rhizophora ditanam di lahan bekas tambang pasir timah dengan luas lahan sekitar lima hektare, di pesisir Pantai Dusun Pait Jaya, Desa Belolaut, Kecamatan Mentok, Selasa (20/6/23) pagi.

Bupati Bangka Barat, Sukirman menyebutkan dengan adanya kegiatan ini dapat merehabilitasi lahan-lahan kritis di Bangka Barat serta mampu memulihkan kondisi lingkungan.

"Jadi hari ini, kita sudah menanam pohon bersama di lahan kritis eks tambang Bangka Barat. Ini seluas lima hektar, mudah-mudahan gerakan menanam ini bisa berkesinambungan oleh instansi lain," ujarnya, Sukirman.

Orang nomor satu di Babar ini juga mengatakan melalui gerakan reboisasi ini, fungsi lahan dapat dipulihkan, dipertahankan.

"Mudah-mudahan menjadi amal ibadah kita untuk menghijaukan kembali lahan kritis di Bangka Belitung, khususnya di Bangka Barat," ucapnya.

Sementara itu, melalui vidio conference Kapolda Bangka Belitung Irjen Pol Yan Sultra mengatakan dalam sambutannya, bibit pohon yang ditanam ini perlu tetap dijaga dan dipantau perkembangannya, agar mampu tumbuh sesuai tujuan dan harapan yang telah ditetapkan bersama. 

"Semuanya harus terawat, terpelihara dan tumbuh. Jadi kegiatan ini bukan seremonial belaka, dan Kapolres bertanggung jawab atas lahan-lahan yang sudah dihijaukan," tuturnya. (amd)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: