Lempah Kuning Kaleng Bateng Tak Ada di Pasaran, Ini Penyebabnya!

Lempah Kuning Kaleng Bateng Tak Ada di Pasaran, Ini Penyebabnya!

Lempah kuning kemasan kaleng produksi Bangka Tengah.--Sindi/Yandi

BABELPOS.ID, KOBA - Produk lempah kuning kemasan kaleng yang dipelopori oleh Dinas Perikanan Bangka Tengah (Bateng) ternyata belum bisa dinikmati oleh masyarakat luas.

Hal ini dikarenakan, ada beberapa kendala yang dihadapi berkaitan dengan proses produksi makanan khas Bangka Belitung tersebut.

BACA JUGA:Lempah Kuning Kaleng dari Bateng Diluncurkan, Bisa Bertahan 1 Tahun

Diketahui, Dinas Perikanan Bangka Tengah mempunyai dua produk lempah kuning dalam kaleng, yakni produk dari bahan ikan tenggiri dan ikan mayung dengan varian original dan pedas.

Kedua produk itu dikemas ke dalam kaleng dengan total berat bersih 200 gram dan langsung bisa dimakan.

BACA JUGA:Penikmat Lempah Kuning Wajib Baca! Ini Manfaat Rahasia Kunyit

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) Dinas Perikanan Bangka Tengah, Atika Anggraini mengatakan bahwa pada masa peluncuran dan pengenalan ke masyarakat, produk tersebut mendapatkan respon baik.

Dikatakan Atika, banyak yang sudah mencobanya dan bahkan menjadikannya oleh-oleh dengan harga Rp35 ribu untuk lempah kuning kaleng dari ikan tenggiri dan Rp25 ribu untuk lempah kuning kaleng dari ikan mayung.

"Dulu itu kita produksi dan pengemasan kalengnya di Yogyakarta dan itu lumayan besar biaya produksinya," ujar Atika kepada babelpos.id di ruang kerjanya pada Selasa, (13/6/2023).

BACA JUGA:Lomba Masak Lempah Kuning, Sekda Sebut Upaya Lestarikan Makanan Khas

Kata Dia, dipilihnya Yogyakarta karena memang saat itu tempat pengalengan untuk skala UMKM dan balai pengujian keamanan pangannya memang ada di sana dan belum ada di Bangka Belitung.

Oleh karena itu, saat awal mula percobaan produksi, SDM untuk memasak lempah kuning itu dibawa langsung ke sana berikut dengan bahan-bahannya yang juga dibawa dari Bangka Belitung.

"Bahan-bahannya juga kita bawa dari Bangka, karena menurut yang tukang masak itu, cita rasanya berubah jika pakai bahan-bahan dari sana. Dari kunyit, cabai, apalagi ikannya juga pasti beda rasa dan kualitasnya," jelas Atika.

BACA JUGA:Inovasi Baru, Lempah Kuning Ikan Segera Hadir dalam Bentuk Kaleng

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: