Lempah Kuning Kaleng Bateng Tak Ada di Pasaran, Ini Penyebabnya!

Lempah Kuning Kaleng Bateng Tak Ada di Pasaran, Ini Penyebabnya!

Lempah kuning kemasan kaleng produksi Bangka Tengah.--Sindi/Yandi

Dengan kondisi keterbatasan anggaran saat ini dan biaya produksi yang besar, jika harus terus menerus dilakukan di Yogyakarta, maka produksi lempah kuning kaleng itupun menjadi terkendala.

Hal itulah yang kemudian menyebabkan produk tersebut belum ada di pasaran dan belum bisa dinikmati masyarakat secara luas.

Kendati demikian, Kepala Dinas Perikanan Bangka Tengah, Imam Soehadi mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya agar jangan sampai inovasi lempah kuning dalam kaleng ini putus di tengah jalan.

Salah satunya adalah dengan mendekatkan jarak dan waktu produksi dengan menggandeng pihak yang ada di Palembang, Sumatera Selatan.

"Jadi dari balai dan tempat pengalengan yang ada di Yogyakarta tersebut, kami disarankan untuk melakukan produksi di Palembang. Kualitas dan tempatnya sama-sama bagus," ungkap Imam.

BACA JUGA:Lomba Masak Lempah Kuning, Sekda Sebut Upaya Lestarikan Makanan Khas

Dengan begitu, diharapkan biaya produksi lempah kuning dalam kaleng tersebut dapat ditekan, karena jarak dan waktu yang ditempuh lebih sedikit.

Menurutnya, dengan begitu maka juga ada kemungkinan produk lempah kuning dalam kaleng itu bisa dijual dengan harga yang lebih rendah dibanding sebelumnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga akan mengusulkan anggaran agar kedepannya Bangka Tengah juga bisa mempunyai rumah produksi sendiri dengan skala kecil atau skala rumahan.

"Cuma itu memang biayanya agak mahal, tapi akan terus kita coba usulkan untuk dianggarkan. Kami juga akan mencoba menggaet investor atau CSR dari perusahaan untuk membantu rumah produksi tersebut," imbuhnya. (*)

BACA JUGA:Penikmat Lempah Kuning Wajib Baca! Ini Manfaat Rahasia Kunyit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: