Ini yang 'Bertugas' Bersihin dan Gosok Gigi Buaya. Pantesan Selalu Bersih dan Kokoh

Ini yang 'Bertugas' Bersihin dan Gosok Gigi Buaya. Pantesan Selalu Bersih dan Kokoh

--

BABELPOS.ID.- Seorang teman bertanya, kenapa buaya tidak pernah sakit gigi?  Kalau terus menerus dan lama sisa daging itu bersarang di gigi buaya, bisa jadi penyakit dan merontokkan gigi sang predator itu.  Padahal, itu adalah andalan hidupnya.

Bagaimana? 

Ini adalah bentuk dari simbiosis mutualisme. 

Burung plover memakan sisa-sisa makanan yang ada pada mulut buaya. Tidak hanya itu, burung plover juga sering mematuk serangga di punggung buaya. Sehingga buaya diuntungkan dengan mulut dan punggungnya yang bersih.

Buaya tak pernah menyantap burung plover, dimakan juga mah terlalu kecil dan takkan mengenyangkan.  Malah rugi, siapa lagi yang mau bersihin giginya nanti.

Sementara, bagi si burung plover, dia hanya tinggal makan tak perlu lagi nyari-nyari daging dan merobek-robeknya untuk dimakan.  Kan sudah hancur lebur oleh gigi yaya?

Nekad banget si burung plover?  

Bukan nekad, tapi si plover justru merasa dibutuhkan si buaya.  

Si buaya juga sadar dia tak bisa membersihkan dan menggosok giginya sendiri.  Itu sebabnya, ketika ada burung plover, si buaya justru membuka dan menganga kan mulutnya sebaga isyarat: Plover silahkan masuk.(dari berbagai sumber)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: