Menparekraf Datang, Molen Optimis Ekraf Pangkalpinang Bisa Naik 2 Kali Lipat

Menparekraf Datang, Molen Optimis Ekraf Pangkalpinang Bisa Naik 2 Kali Lipat

Wako Molen (kanan) dan Menparekraf Sandi Uno (tengah) saat mengisi workshop Ekonomi Kreatif di Kota Pangkalpinang.--Abot

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menghadiri undangan Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil sebagai Supermentor dalam Workshop Pengembangan Usaha di Bidang Ekonomi Kreatif Serta Promosi Produk Ekonomi Kreatif, Sabtu (03/05/2023) di Ruang Pertemuan OR LT.1 Kantor Walikota Pangkalpinang.

Dalam kesempatan yang difasilitasi oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Infrastruktur Kemenparekraf ini, Sandiaga Uno memberikan tips kepada para pelaku usaha ekonomi kreatif di Pangkalpinang untuk mencapai kemajuan bersama yakni dengan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi (3-si) disertai dengan semangat 3-g yakni gerak cepat (gercep), gerak bersama (gerber) dan garap semua potensi online (gaspol).

Hal ini menjadi rumus penting dalam rangka mencapai kemajuan, menggali semua potensi dan menciptakan lapangan kerja.

"Insyallah dengan menerapkan semua rumus tersebut disertai kerja keras yang tak biasa-biasa saja dan juga doa maka pengembangan yang dilakukan oleh para pelaku usaha bidang ekonomi kreatif serta promosi produk ekonomi kreatif akan menjadi semakin tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu," ucapnya.

BACA JUGA:Menparekraf Sandiaga Dorong Pelaku Ekraf Pangkalpinang Berinovasi

Menurut mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu, Indonesia patut bersyukur karena ditengah tantangan ekonomi global dan juga perlambatan ekonomi berbagai negara, Indonesia masih bisa bertumbuh bahkan Indonesia juga optimis bisa mencapai target 2024, yaitu terciptanya 4,4 juta lapangan kerja bagi masyarakat.

”Saya mengajak kita semua untuk terus membangun sinergi, menyelarasakan potensi, dan tetap semangat berkarya, karena kita sudah berada di era digitalisasi. Karena bapak ibu pelaku pelaku ekonomi kreatif (Ekraf) jika tidak terdigitaliasi maka akan terelemininasi,” ujarnya.

BACA JUGA:Menparekraf Sandiaga Uno Akan Bawa Keresahan Pj Gubernur Suganda ke Ratas di Istana

Sandi menyebut bahwa workshop di Pangkalpinang merupakan kegiatan yang ke-13 yang ia kunjungi dari berbagai daerah di Indonesia, guna mendorong semangat para pelaku usaha ekonomi kreatif dan promosi produk ekonomi kreatif di tanah air. Ia yakin bahwa setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas dan keunggulannya masing-masing.

Bang Sandi juga menceritakan, bahwa 25 tahun dirinya juga pernah menjadi seorang karyawan dan terkena pemutusan hubungan kerja (PKH), namun dengan semangat 3-si, 3-g dan 3-t serta doa yang tak pernah putus, dirinya berhasil kembali bangkit membangun usaha yang awalnya hanya dibantu 3 orang karyawan UKM, namun sekarang sudah memiliki 30 ribu karyawan di seluruh Indonesia.

“If you can do it ? maka jawabannya harus yes we can,” kata Menparekraf bernama lengkap Sandiaga Salahuddin Uno itu.

BACA JUGA:Menteri Sandi Ikut Jajal Sungailiat Triathlon 2023

Ia juga mengajak kepada semua untuk menyakini bahwa dengan pelaku usaha ekonomi kreatif dan promosi produk ekonomi kreatif di Kota Pangkalpinang yang selalu semangat, kreatif inovatif dalam menggali potensi dari setiap gagasan, maka Kota Pangkalpinang yang kini juga sudah ditetapkan sebagai Kota Kreatif Industri Kuliner ini akan semakin terdepan.

Sementara itu, Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil juga bersyukur mendapatkan kehormatan karena kedatangan Menparekraf RI, Sandiaga Uno. Molen -sapaanya- juga optimis kehadiran Menparekraf ini akan memberikan multiefek bagi pengembangan usaha ekonomi kreatif dan promosi produk ekonomi kreatif di Kota Beribu Senyuman dan akan meningkatkan pendapatan asli daerah 2 kali lipat dari yang ada sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: