Puslitbang Polri Kunjungi Polresta Pangkalpinang, Teliti Tingkat Kepercayaan Publik

Puslitbang Polri Kunjungi Polresta Pangkalpinang, Teliti Tingkat Kepercayaan Publik

--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Polresta Pangkalpinang, Selasa (23/5/2023). 

Kunjungan Tim Puslitbang Polri yang dipimpin Kombes Pol Drs Azis Saputra ini, selain melihat secara dekat sistem pelayanan di Polresta Pangkalpinang, juga melakukan penelitian tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri tahun 2023, di wilayah hukum Polda Bangka Belitung, khususnya Polresta Pangkalpinang. 

Turut mendampingi AKBP Ir. Dadang Sutrasno, Kabag Strajemen Polda Kep.Babel AKBP Qusaeri, Penata Vera Bararah Barid, M.H. Rombongan disambut Wakapolresta Pangkalpinang AKBP Rendra Oktha Dinata, S.I.K M. Si dan sejumlah PJU di Aula Sarja Arya Racana Polresta Pangkalpinang.

Ketua Tim Penelitian Kombes Pol Drs Azis Saputra mengatakan, tujuan penelitian Tim Puslitbang Polri tersebut untuk mengetahui perspektif masyarakat terhadap layanan kepolisian pada lima fungsi kepolisian yaitu fungsi lantas, fungsi reskrim, fungsi intel, fungsi binmas dan fungsi Sabhara. 

"Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pelayanan kepolisian di wilayah hukum Polresta Pangkalpianang,” kata Aziz. 

Aziz menjelaskan, maksud dan tujuan penelitian dari pusat langsung ke daerah kewilayahan adalah untuk menganalisis, memperoleh data, fakta dan informasi serta masukan dari publik terkait dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri, khususnya pada fungsi reskrim, intelkam, lantas, binmas dan samapta.

Adapun penelitian yang dilakukan, dikatakannya dengan menggunakan metode pengumpulan data dari responden yang mengisi kuesioner secara online melalui link sesuai fungsi kepolisian, pada masing-masing fungsi adalah sebanyak 40 responden baik anggota/ASN lingkungan Polri dan khusus untuk fungsi reskrim adalah responden yang pernah berurusan dengan proses penyidikan antara lain saksi, korban, tersangka, tahanan dan pengacara serta kejaksaan.

“Kuesioner ini juga akan dijadikan barometer untuk menilai seberapa besar tingkat kepuasan masyarakat atas layanan yang diberikan pihak Kepolisian khususnya Polresta Pangkalpinang,” tambahnya.

Sementara Kapolresta Pangkalpinang Kombes Pol Gatot Yulianto, S.I.K M. HP melalui Wakapolresta Pangkalpinang AKBP Rendra Oktha Dinata mengucapkan selamat datang kepada Tim Puslitbang Polri dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh responden yang telah hadir di aula Polresta Pangkalpinang.

Selanjutnya kegiatan tim dilanjutkan dengan mengadakan Focus Group Discussion (FGD) kepada para responden yakni tokoh masyarakat, agama, pemuda, LSM, tenaga didik, serta Instansi Pemerintahan dan lainnya terhadap masing-masing fungsi kepolisian. Hal ini dilakukan untuk menguatkan fakta-fakta pelaksanaan pelayanan, kemudian bisa memberikan timbal balik berupa masukan yang baik sebagai penunjang tugas kepolisian di kemudian hari.(pas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: