Kontingen Kwarcab Bangka Siap Promosikan Daerah di Rainas XII Tahun 2023 Cibubur

Kontingen Kwarcab Bangka Siap Promosikan Daerah di Rainas XII Tahun 2023 Cibubur

Training center Kontingen Raimuna Kwarcab Pramuka Bangka.--Ist

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT– Pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bangka, melaksanakan Training Center (TC) Perdana di Sanggar Pramuka Kwarcab Bangka Jl.Ahmad Yani Jalur II Kompleks Perkantoran Bupati Kota Sungailiat, Minggu (21/05/2023). 

Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bangka, Yusmiati Mulkan melalui Sekretaris Kwarcab Bangka, Oktalgia menjelaskan bahwa TC Perdana ini diikuti utusan kwartir ranting pramuka dari dari 8 kecamatan.Yakni Sungailiat, Bakam, Puding Besar, Belinyu, Merawang, Mendobarat, Riau Silip dan Pemali. 

Peserta yang hadir dalam TC berjumlah 32 orang ini juga sekaligus merupakan calon kontingen Raimuna Nasional (Rainas) XII Tahun 2023 yang akan mewakili Kabupaten Bangka dari tanggal 14 - 21 Agustus Tahun 2023 mendatang di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur.

BACA JUGA:Boy Yandra Harap Anggota Pramuka Paham Literasi Digital

Rainas merupakan ajang kepramukaan tingkat nasional yang dilaksanakan setiap 5 tahun sekali dan bertujuan dalam memperkuat silaturahmi seluruh insan pramuka khususnya antara para penegak pandega dari seluruh Indonesia.

“TC Perdana ini merupakan kegiatan rutin dan silaturahmi sekaligus sebagai upaya pembinaan berkelanjutan untuk melatih mental kedisiplinan bagi seluruh anggota pramuka, khususnya yang ada di kwartir ranting se Kabupaten Bangka. Termasuk TC hari ini juga kita maksudkan untuk pembekalan bagi 32 kontingen yang nanti akan membawa nama baik Kabupaten Bangka di Rainas XII Tahun 2023,” jelas pria yang akrab disapa Kak Oktal ini.

BACA JUGA:Satlantas Kampanye Tertib Lalu Lintas ke Pramuka Perata

Wandi, Andalan Cabang Bidang Sarana Prasarana, Bumi Perkemahan dan Usaha, optimis bahwa kotingen Kwarcab Bangka di Rainas XII Tahun 2023 mendatang merupakan sumber daya yang terpilih untuk membawa nama baik Kabupaten Bangka khususnya Kwarcab Bangka di Raimunas XII yang sekaligus merupakan wadah untuk berkumpulnya pandega dan penegak se-Indonesia.

Pria yang akrab disapa Kak Itek ini juga yakin bahwa 32 kontingen dari Kwarcab Bangka nantinya akan mampu memanfaatkan kesempatan berkumpul di ajang Rainas XII Tahun 2023 ini untuk unjuk berbagai raihan prestasi serta kontribusi yang selama ini telah dilakukannya oleh Kwarcab Bangka sekaligus menjadikan ajang ini sebagai motivasi untuk menorehkan prestasi yang semakin lebih baik di masa-masa mendatang. 

Di Rainas XII Tahun 2023, para kontingen juga akan membawa nama baik Kabupaten Bangka melalui keiikutsertaannya di pameran atau bazar nasional yang akan di gelar oleh penyelenggara event Rainas XII Tahun 2023.

BACA JUGA:Sekda Bangka Lepas Kontingen Pramuka Jamda IV Provinsi Babel

Pameran tersebut akan menjadi ajang untuk mempromosikan berbagai potensi khas daerah yang meliputi produk makanan khas, seni dan budaya dari seluruh nusantara.

“Event Rainas XII tahun 2023 ini merupakan ajang-ajang yang sudah ditunggu-tunggu oleh seluruh penegak pandega dari seluruh Indonesia termasuk dari kotingen Kwarcab Bangka. Karena insyaallah event ini juga merupakan kesempatan untuk terus meningkatkan pengalaman, pemamahan atau wawasan kebangsaan yang lebih baik bagi para peserta pramuka nasional sebagai penerus perjuangan bangsa ini termasuk juga dengan mempromosikan berbagai potensi daerah,” sebut Kak Itek.

Kontingen Kwarcab Bangka di ajang Rainas XII Tahun 2023 siap membawa dan mempromosikan berbagai produk makanan dan kuliner khas, seni dan budaya khas Kabupaten Bangka. Seperti aneka makanan ringan terdiri dari getas, kerupuk, kemplang, pempek, bakwan, pantiaw dan lain-lain

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: