Sekda Bangka Lepas Kontingen Pramuka Jamda IV Provinsi Babel

Sekda Bangka Lepas Kontingen Pramuka Jamda IV Provinsi Babel

SUNGAILIAT - Sekda Bangka Drs. Andi Hudirman melepas kontingen Kwartir Gerakan Pramuka Kabupaten Bangka untuk mengikuti kegiatan Jambore Daerah (Jamda) IV Provisi Bangka Belitung tahun 2022, di halaman Kantor Bupati Bangka Minggu (20/3/2022).

Dalam sambutannya Sekda mengatakan, gerakan pramuka merupakan organisasi pendidikan non formal untuk melengkapi pendidikan informal di lingkungan keluarga dan masyarakat, serta pendidikan formal.

Meskipun gerakan pramuka merupakan suatu organisasi pendidikan yang fokus kepada pendidikan bagi anak-anak dan remaja, dan bukan organisasi bantuan sosial.

\"Namun gerakan pramuka tetap aktif melaksanakan berbagai kegiatan bakti sosia, bakti masyarakat dan pembangunan masyarakat,\" ujar Sekda Bangka Andi Hudirman yang juga Ketua Harian Pramuka Cabang Bangka.

Andi Hudirman mengatakan kegiatan jambore daerah merupakan ajang pesta bagi peserta didik pramuka penggalang, wahana aktualisasi teori yang diperoleh di pangkalan diwujudkan dalam kegaiatan sebagai praktek lapangan.

\"Jambore daerah juga sebagai ajang persiapan untuk berpartipasi dalam kegiatan jambore nasional yang setiap lima tahun sekali. Dan untuk tahun 2022 ini akan berlangsung pada tanggal 14-19 Agustus 2022 nanti,\" katanya.

Andi Hudirman berharap kepada peserta yang mengikuti Jambore harus membuktikan bahwa Pramuka Kwarcab Bangka bisa diandalkan sebagai generasi muda yang mandiri dan bertanggung jawab, tangguh, handal dan berakhlak mulia.

\"Adik-adik adalah insan terpilih, karena banyak anak seusai kalian saat ini namun masih melakukan kegiatan yang tidak bermanfaat di luar sana. Adik-adik adalah kebanggaan orang tua dan keluarga, kebanggaan bangsa dan agama, calon pemimpin amanah, asset daerah dan asset bagi negara Indonesia,\" pesannya.

Pimpinan Kontingen Pramuka Bangka, Nirmawati mengatakan Jambore Daerah IV Provinsi Bangka Belitung tahun 2022, diikuti pramuka Penggalang dan Pembina perwakilan dari masing-masing kwartir ranting, terkecuali Kwarting Ranting Belinyu dan Kwartir Ranting Riau Silip serta Pinkoncab perwakilan dari Kwartir Cabang. Total keseluruhan Kontingen Pramuka Cabang Bangka yang mengikuti Jambore sebanyak 202 peserta.

Jambore dilaksanakan 21-25 Maret 2022 di Bumi Perkemahan Desa Balunijuk Kecamatan Merawang. (dee)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: