Usai Diumumkan KPU Pangkalpinang, Bawaslu Pangkalpinang Segera Evaluasi DPS Pemilu 2024

Usai Diumumkan KPU Pangkalpinang, Bawaslu Pangkalpinang Segera Evaluasi DPS Pemilu 2024

--

PANGKALPINANG, BABELPOS.ID - Pasca selesainya penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang dilakukan jajaran KPU Kota Pangkalpinang, Bawaslu Kota Pangkalpinang menggelar rapat kerja teknis pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih, Sabtu (15/4/2023). 

Rapat yang digelar di Grand Manunggal Hotel Pangkalpinang ini bertujuan untuk melakukan evaluasi pengawasan terhadap hasil DPS Pemilu 2024.

Rapat dibuka secara resmi oleh Ketua Bawaslu Kota Pangkalpinang, Ida Kumala. Turut hadir Anggota Bawaslu Kota Pangkalpinang Luksin Siagian dan Novrian Saputra. 

Anggota Bawaslu Kota Pangkalpinang, Luksin Siagian saat ditemui wartawan usai rapat kerja mengatakan, pada 5 April 2023 lalu, KPU Kota Pangkalpinang sudah menyampaikan hasil DPS Pemilu 2024 sebanyak 161.673 orang dengan rincian sebanyak 79.995 orang pemilih laki-laki dan 81.678 pemilih perempuan.

Dari data tersebut, kata dia, pihaknya menemukan ada tujuh data pemilih yang berbeda atas rekap KPU Kota Pangkalpinang. 

"Untuk itu, data-data ini akan kita analisa, kita sinkronisasi bagaimana tahapan-tahapan yang sudah dilaksanakan selama ini baik hasil  dari pengawasan maupun hasil DPS yang ditetapkan oleh KPU Pangkalpinang," ujar Luksin. 

Karena itu, Luksin berharap Panwascam se-Kota Pangkalpinang bisa menganalisasi data-data tersebut secara cermat mulai dari data ganda, perbaikan data sinkronisasi data TPS dengan pemilih hingga pemilih yang tidak memenuhi syarat. 

"Sekarang proses sudah berjalan, kita berharap teman-teman panwascam bisa melaksanakan tugasnya dengan baik. Yang namanya kendala tetap ada, apalagi ini soal data. Sekarang kan data yang kita dapat itu bukan seperti dulu, kalau sekarang kan tanpa NIK tanpa KK, tetapi data yang kita dapat tetap kita proses dan kita analisa, supaya kita nanti bisa menyajikan data pemilih yang lebih baik," jelas Luksin. 

Luksin berharap melalui rapat tersebut pihaknya dapat memastikan pemilih-pemilih warga negara secara de jure tetap masuk dan terdaftar dalam daftar pemilih Kota Pangkalpinang sesuai dengan wilayah. 

Dalam rapat tersebut, turut dihadiri Koordinator Divisi Pengawasan, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Sahirin, Anggota Bawaslu Babel Andi Budi Prayitno dan Anggota KPU Kota Pangkalpinang Margareta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: