Tanam Padi di Persawahan Namang, Algafry Harap Ketahanan Pangan Terbentuk

Tanam Padi di Persawahan Namang, Algafry Harap Ketahanan Pangan Terbentuk

--

BABELPOS.ID, NAMANG - Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan desa dan mencegah stunting, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) bersama Pemerintah Desa Namang menggelar penanaman padi di Persawahan Desa Namang pada Selasa (11/4/2023). 

Kegiatan ini turut dihadiri Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bateng, Dian Akbarini, Kapolres Bateng, Perwakilan Kajari Bateng, Kepala Karantina Prov. Babel, Kepala BSIP Prov Babel, Camat Namang dan Kepala Desa Namang.

"Alhamdulillah, kegiatan penanaman padi di area persawahan Desa Namang ini merupakan bentuk keseriusan bahwa ketahanan pangan menjadi hal yang diprioritaskan di Bangka Tengah," ujar Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman.

"Program ini juga bentuk motivasi kepada petani lokal kita, agar bisa memanfaatkan lahan sawah tersebut menjadi salah satu komoditi yang ada di Desa Namang," sambungnya.

Dikatakan Algafry, tahun 2023 ini, pihaknya juga akan membuat cluster persawahan di daerah Desa Kerakas sebagai tambahan penopang ketahanan pangan di Bangka Tengah.

"Ini menjadi lahan baru juga untuk pengembangan ketahanan pangan kita, khususnya di Bangka Tengah dan kita berharap ini sangat membantu masyarakat kita," tuturnya.

Selain penanaman padi, Bupati Algafry juga membagikan beras kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang sudah terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Kata Dia, pembagian beras ini merupakan program pemerintah pusat yang juga sejalan dengan program ketahanan pangan Pemkab Bateng.

"Pembagian beras ini merupakan instruksi langsung dari Presiden dan selaku Pemerintah Daerah juga bekerja sama dengan Perum Bulog dan PT Pos untuk penyalurannya di Desa Namang ini, dengan kita bagikan kepada warga sebanyak 40 penerima manfaaat," jelasnya.

"Total penerima bantuan beras di Kabupaten Bangka Tengah ini berjumlah 6.973 kepala keluarga yang tersebar di seluruh desa/kelurahan se-Kabupaten Bangka Tengah," sambungnya.

Sementara itu, Camat Namang, Jakara Akbar mengatakan bahwa kegiatan ini sejalan dengan program yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Bangka Belitung melalui Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Prov. Babel dan berkolaborasi dengan Kecamatan Namang dan Desa  Namang. 

"Tahun ini melalui anggaran desa, kita rencanakan mendukung seluruh petani sawah yang ada di Desa Namang sebanyak 200 orang untuk menggarap sawah 50 Hektar dan akan berkolaborasi juga dengan Dinas Pertanian Bateng dan Dinas Pertanian Provinsi," ucapnya.

"Kita berharap kedepannya Desa Namang dan Bangka Tengah pada umumnya dapat memenuhi ketahanan pangan secara mandiri melalui program-program ketahanan pangan yang dilaksanakan oleh Pemkab Bateng," imbuhnya. 

Di tempat yang sama, Kepala Desa Namang, Zaiwan menyampaikan rasa syukurnya atas terlaksananya kegiatan penanaman padi kali ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: