PPPK Lolos Kompetensi CAT Kemenag Babel Diharap Berikan Kontribusi Terbaik

PPPK Lolos Kompetensi CAT Kemenag Babel Diharap Berikan Kontribusi Terbaik

Ilustrasi CAT PPPK.--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG – Seleksi Kompetensi CAT BKN bagi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Kementerian Agama di Provinsi Bangka Belitung diikuti sebanyak 414 peserta pada 17 - 19 Maret 2023.

Kepala Kanwil Kemenag Babel, H.Tumiran Ganefo melalui Kepala Bagian Tata Usaha, Rebuan, menjelaskan ada tiga kriteria pelamar dalam seleksi calon PPPK Kemenag.

Pertama, pelamar Eks Tenaga Honorer Kategori II (Eks - THK II). Mereka adalah pelamar yang terdaftar pada pangkalan data (database) Badan Kepegawaian Negara (BKN), memiliki kartu peserta ujian tahun 2021, dan masih aktif bekerja di Kementerian Agama sampai dengan periode pendaftaran PPPK Kementerian Agama Tahun 2022.

Kedua, pelamar Non ASN Kementerian Agama adalah pelamar yang telah mengabdi dan masih aktif bekerja di Kementerian Agama sampai dengan periode pendaftaran PPPK Kementerian Agama Tahun 2022 serta wajib memiliki pengalaman di bidang kerja yang relevan dengan jabatan fungsional yang dilamar sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Masing-masing peserta memperebutkan sebanyak 37 formasi yang disediakan . Namun ada 6 formasi yang masih kosong pelamarnya yakni Penghulu, Guru Kimia, Penyuluh Hindu, Penyuluh Budha, Penyuluh Katolik serta Pengelola Barang dan Jasa,” sebut Rebuan.

BACA JUGA:Ini Pesan Menag Yaqut kepada ASN Kemenag Jelang Tahun Politik

Dijelaskannya, 414 orang peserta ini merupakan peserta yang sebelumnya telah dinyatakan lolos seleksi administrasi, sehingga berhak mengikuti seleksi kompetensi berbasis CAT berikutnya dengan 5 materi yang diujikan yakni teknis, managerial, sosial kultural dan wawancara.

Semua tes ini sudah ditentukan passing gradenya. Dan apabila lulus sesuai passing grade tersebut, maka selanjutnya akan mengikuti tahap berikutnya yakni seleksi tes moderasi beragama juga berbasis CAT.

“Alhamdulilah semua proses pelaksanaan ini berlangsung lancar, dan Insyallah peserta yang berhasil lolos, berarti adalah yang terbaik dan nantinya akan memberikan kontribusi atau kinerja terbaiknya bagi kemajuan peningkatan layanan Kementerian Agama Babel kepada umat dan masyarakat,” harap Rebuan. (*)

BACA JUGA:Kanwil Kemenag Babel MoU dengan Tiga Perguruan Tinggi Negeri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: