PPI Adakan Latihan Gabungan, 312 Paskibra se-Pangkalpinang Sambut Antusias

PPI Adakan Latihan Gabungan, 312 Paskibra se-Pangkalpinang Sambut Antusias

--

PANGKALPINANG, BABELPOS.ID - Sebanyak 312 siswa SMA sederajat se-Pangkalpinang yang tergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), disertakan dalam Latihan Gabungan (Latgab) yang diadakan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Pangkalpinang.

Latgab pun disambut antusias kendati proses tahapan menjadi Paskibraka di tahun 2023 belum dimulai. Terdiri dari 152 paskibra putra, dan 160 paskibra putri, Latgab juga melibatkan Badan Kesbangpol Pangkalpinang lewat upacara pembukaan pada Jumat, 3 Februari 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Pembina Upacara Donal Tampubolon selaku Kepala Badan Kesbangpol Pangkalpinang menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat positif,  untuk menambahkan semangat nasionalisme dan patriotisme, menumbuhkan rasa cinta tanah air bangsa.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilakukan sebelum seleksi nantinya serta semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Harapannya, Latgab ini akan memberikan hasil dan kontribusi nyata dalam pengembangan kepemudaan baik intelektual maupun pengembangan diri," ungkap Donal.

Sementara Plt Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Pangkalpinang, Rio Armanda Agustian mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang yang sudah membantu yang sangat luar biasa dalam berbagai persiapan kegiatan ini.

Adapun latihan gabungan ini dilaksanakan selama empat minggu selama bulan Februari 2023 yakni tanggal 5, 12, 19, 26 dari pukul 06.30 sampai 11.00 WIB. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menambah pengalaman para anggota paskibra sekolah dari 16 SMA/SMK/MAN serta menyamakan persepsi dalam hal baris-berbaris 

"Ada juga pembuatan video pembelajaran terkait dengan nilai-nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan yang akan kita seleksi dan diupload diyoutube nantinya dan tentunya sesuai tema kegiatan yakni Berlatih Bersama, Mengeratkan Persatuan dan Menyatukan Perbedaan," ujarnya.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut yakni Ketua PPI Bangka Belitung (Babel) Ferdiyan Hermawan Loebis. Disampaikan dia, bahwa latgab ini merupakan ajang pemanasan bagi peserta sebelum untuk ikut Diklatsargab maupun seleksi Calon paskibraka nantinya.

"Dan tentunya kegiatan latgab ini dapat menjadi contoh dan diikuti oleh Pengurus PPI Kabupaten/Kota, pastinya sinergitas dengan Pengurus Provinsi, Pemerintah Kab/Kota serta Kesbangpol Kabupaten/kota yang ada di aerahnya masing-masing. Selain itu juga, latgab bertujuan sebagai ajang silaturahim antar Paskibra Sekolah," tuturnya.

Turut hadir dalam kegiatan Upacara Pembukaan tersebut dari  Asisten I, Kabid Kesbangpol, Unsur TNI yakni dari Kodim 0413 Bangka, Polresta Pangkalpinang, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang, Dinas Pendidikan Provinsi, Pengurus PPI Provinsi, Kakak-kakak PPI Kota Pangkalpinang serta undangan lainnya. Diakhir kegiatan upacara pembukaan dilakukan foto bersama dan diskusi santai oleh panitia kepada peserta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: