12 Penduduk Bangka Tengah Positif HIV/AIDS, Salah Satunya Usia 25 Tahun

12 Penduduk Bangka Tengah Positif HIV/AIDS, Salah Satunya Usia 25 Tahun

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, drg M. Annas Ma'ruf --

BABELPOS.ID, KOBA - Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menyatakan ada 12 orang yang positif mengidap penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV)/ Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) di wilayahnya pada tahun 2022.

Diketahui HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Sedangkan AIDS adalah kondisi akibat serangan virus HIV. 

HIV adalah virus yang menyerang dan menghancurkan imunitas tubuh manusia, khususnya pada sel darah putih yang disebut sebagai sel CD4.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, Muhammad Anas Ma'ruf merinci 12 orang yang terkonfirmasi HIV diantaranya 7 laki-laki dan 5 perempuan.

"Saat ini ada sekitar 12 orang yang terkonfirmasi HIV, dengan rincian 7 orang laki-laki dan 5 orang perempuan," ungkapnya pada Kamis, (26/1/2023) di Koba.

BACA JUGA:MUI Babel Optimis Kampung Pangan Halal Bisa Cegah HIV Aids

Dikatakan Annas dari 12 orang tersebut, ada satu orang perempuan yang masih berusia dibawah dua puluh lima tahun.

"Ada satu orang perempuan yang usianya dibawah 25 tahun dan enam orang laki-laki dan empat orang perempuan dibawah usia 49 tahun, sedangkan ssisanya satu orang laki-laki diatas 50 tahun," jelasnya.

Menurutnya, salah upaya mencegah resiko tertular HIV yang mereka lakukan adalah memberikan edukasi tentang HIV.

"Kita juga melakukan skrining atau pemeriksaan pada populasi yang beresiko tertular HIV dan memberikan pengobatan ARV," ucapnya. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: