Meningkatkan Kecepatan, Pemkab Babar Luncurkan Pelayanan Adminduk
--
BABELPOS.ID, PARITTIGA - Guna mempermudah pengurusan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat meluncurkan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk).
Bupati Bangka Barat, Sukirman mengatakan peluncuran Adminduk guna
meningkatkan kecepatan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat.
"Pemerintah Kabupaten (Pemkab) turun langsung kedaerah atau menjemput bola untuk perekaman data penduduk," ujar Sukirman, Kamis (29/12/22).
Bupati menyebutkan pelayanan adminduk bakal ditempatkan di masing- masing kecamatan, supaya mempermudah masyarakat untuk mengurus dan mengehemat waktu.
"Bahkan nanti saya minta kita melakukan perekaman kartu tanda penduduk (KTP) untuk pemula akan turun langsung ke sekolah tingkat atas. Kita harus jemput bola," ucapnya.
Sukirman menyatakan Disdukcapil Bangka Barat banyak kemajuan, hal itu berdasarkan penilaian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia dan ombusman.
"Kalau hasil capaian kinerja Dukcapil hasil penilaian provinsi kite masih di level 3, dengan cakupan perekaman KTP capaian 99,29 persen target nasional 99,3 persen," bebernya.
Sementara itu, untuk cakupan penerbitan akte kelahiran capaian 97,28 persen dengan target nasional 97 persen, akte kematian capaian 98,3 persen, target nasional 97 persen dan KIA capaian 53,84 persen target nasional 40 persen.
"Kita masih ada kurang, sehingga kita belum level 4 tertinggi karena OPD kite belum memiliki hak akses data Dukcapil. Yang belum itu Dinkes, Dinsos PMD dan Sekda itu sudah kita urus tinggal menunggu hak aksesnya. Mudah-mudahan awal tahun 2023 sudah ada hak akses tersebut," jelasnya.
Diketahui juga, Bupati Bangka Barat Sukirman telah resmikan pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) di Kantor Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kecamatan Parittiga, Rabu (28/12/22) kemarin. (amd)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: