Peringati Hari Agraria dan Hantaru, DPUPRP Tanam Pohon di Bantaran Sungai Berok

Peringati Hari Agraria dan Hantaru, DPUPRP Tanam Pohon di Bantaran Sungai Berok

Penanaman pohon di Bantaran Sungai Berok pada Selasa (20/12/2022)--

BABELPOS.ID, KOBA - Dalam Rangka memperingati Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional (Hantaru) serta Hari Bakti PU ke-77, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertahanan (DPUPRP) Bangka Tengah menggelar penanaman pohon di Bantaran Sungai Berok pada Selasa (20/12/2022).

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengatakan keterlibatan peran serta masyarakat dalam penataan ruang sangatlah penting, sehingga perlu adanya gerakan masyarakat dalam menciptakan ruang perlindungan untuk sungai saat ini.

"Program penanaman pohon ini mengajak seluruh masyarakat Bangka Tengah untuk sadar akan area perlindungan sungai atau lebih dikenal dengan sebutan sempadan sungai," ujar Algafry kepada babelpos.id.

Kata Algafry, daerah sungai ini memang perlu dijaga demi kepentingan bersama  dan diharapkan masyarakat bisa membantu supaya sungai Berok tetap bersih dan indah.

"Untuk masyarakat mohon tidak membuang sampah ke sungai agar kebersihan tetap terjaga dan tidak terjadi banjir," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPRP Bateng, Rahmat Wibowo mengatakan kegiatan peningkatan peran serta masyarakat dalam penataan ruang merupakan salah satu program kegiatan tahunan bidang tata ruang dan pertahanan pada Dinas PUPRP.

"Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun dengan tujuan untuk menambah intensitas pelibatan masyarakat dalam mencintai lingkungan dan menciptakan ruang hijau dalam penataan ruang," ujar Rahmat.

Dikatakan Rahmat, Hantaru dan Hari Bakti PU Tahun 2022 kali ini mengusung tema perlindungan sungai untuk Kota Koba Menuju Tenar dan Hebat.

"Bibit pohon yang ditanam ini ada bambu, mahoni dan lainnya, yang mana kegiatan ini diharapkan bisa menjadi sarana untuk menyadarkan kedudukan masyarakat dalam perencanaan pemanfaatan dan pengendalian pemanfaatan ruang di Bangka Tengah," imbuhnya. (sak/ynd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: