Herman Dukung Gaji Honorer Pemprov Naik Sesuai UMP 2023, Tapi...

Herman Dukung Gaji Honorer Pemprov Naik Sesuai UMP 2023, Tapi...

Ketua DPRD Babel Herman Suhadi --

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Ketua DPRD Bangka Belitung (Babel), H Herman Suhadi mengaku sangat mendorong gaji yang diterima pegawai harian lepas (PHL) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel dapat disesuaikan dengan Upah Minimum Provinsi (UPM) 2023.

Diketahui, UMP Babel di tahun 2023 naik sekitar 7,15 persen, atau Rp233.595 dari UMP 2022 yang sebelumnya Rp3.264.884,00. Penetapan UMP 2023 sebesar Rp3.498.479,00 ini diumumkan lewat SK Gubernur Babel nomor 188.44/653/DISNAKER/2022 yang ditandatangani Ridwan Djamaluddin dan akan berlakukan per 1 Januari 2023.

Hanya saja, diakui Herman, keinginannya mendorong kenaikan gaji honorer Pemprov Babel yang baru berkisar Rp2,9 juta ini terbentur dengan rendahnya kemampuan keuangan daerah.

"Saya sangat mendukung (gaji honorer naik). Hanya saja, untuk mewujudkan keinginan tersebut harus melihat kemampuan keuangan daerah," ungkap Herman, Kamis (1/12) kemarin.

BACA JUGA:Rencana Pindah Rekening Kas Pemprov, Herman: Pikirkan Dulu

BACA JUGA:Menteri ESDM Akui, 2023 Ekspor Timah Dilarang, Herman: Hilirisasinya Bagaimana?

BACA JUGA:Herman Pertanyakan TPP ASN Pemprov Belum Cair

Disebutkan Herman, kondisi keuangan Pemprov Babel tak begitu kuat untuk mewujudkan keinginan tersebut. Terlebih berdasarkan RAPBD 2023 yang baru disahkan, keuangan Pemprov Babel masih mengalami defisit hingga Rp300 Miliar lebih.

"Kalau itu (Honorer) memungkinkan ketika kemampuan Pemprov Babel mampu untuk itu, kenapa tidak. Kalau mampu kita Pemerintah Daerah Babel, kita lakukan. Hanya perlu diingat keuangan daerah kita pada posisi rendah. Kita melihat tinggi UMP, bisa eksekutif mengajukan, kami dari lembaga sangat mendukung itu," katanya.

Lebih lanjut, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Babel ini memberikan apresiasi terhadap kesepakatan menaikan UMP 2023 ini. Ia menilai menilai dengan angka UMP Babel 2023 itu, menunjukkan ekonomi Babel baik.

"Pertanda baik bahwa ekonomi Babel itu baik dan niat baik Pemprov Babel berperan dalam menentukan UMP ini suatu hal yang harus disyukuri," ujar dia.

BACA JUGA:Herman Pertanyakan Persiapan G20 di Babel

BACA JUGA:Pengajuan Dana Sertijab Pj Gubernur Rp500 Juta, Herman: Masa Segitu?

BACA JUGA:Paripurna Usulan Pengangkatan Beliadi Jadi Pimpinan DPRD Ditunda, Ini Penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: