Angin Kencang Sapu Sungailiat & Belinyu, Ini Dampaknya

Angin Kencang Sapu Sungailiat & Belinyu, Ini Dampaknya

Tim BPBD meninjau rumah warga yang rusak terdampak angin puting beliung.--

BABELPOS.ID, SUNGAILIAT - Angin kencang menghantam beberapa rumah warga di Kecamatan SUNGAILIAT dan Belinyu Kabupaten Bangka, Kamis dini hari (17/11/2022).

Angin kencang yang datang saat warga terlelap itu menyapu lingkungan Rambak Kelurahan Jelitik, Lingkungan Nangnung, Sinar Jaya Jelutung Kecamatan Sungailiat. Sementara di Belinyu, angin kencang menghantam Kelurahan Kuto Panji dan desa Bintet.

Tiupan angin yang datang sekitar pukul 02.00 WIB tersebut banyak merusak atap rumah warga.

"Rata-rata akibat angin kencang tersebut menyebabkan atap rumah warga rusak. Tidak ada korban jiwa atas kejadian ini,” ujar Kepala BPBD Kabupaten Bangka, M. Nursi SIP kepada wartawan Kamis (17/11/2022).   

Nursi mengatakan, pihak BPBD Kabupaten Bangka yang mendapatkan informasi bencana itu, langsung menuju ke lokasi, untuk melakukan pendataan rumah yang rusak dan membantu warga membersihkan rumah.

"Tim BPBD membawa terpal, dan bersama warga setempat memasang terpal menutupi atap rumah warga rusaknya tidak begitu parah," jelasnya.

"Sedangkan rumah warga yang atapnya kondisi rusak parah dan tidak bisa dipasang terpal, kita meminta kepada kepala desa setempat untuk perbaikan atap rumah nantinya,” kata Nursi.

Dikatakan Nursi, warga yang rumahnya rusak akibat angin kencang mendapat bantuan sembako dari Dinas Sosial Kabupaten Bangka. Kemudian akan ada bantuan untuk perbaikan atap rumah dari Pemkab Bangka yang akan dikoordinir oleh Kades masing-masing.

"Nantinya para kades akan mendata rumah warganya yang rusak, kemudian akan diajukan mengunakan dana Bantuan Tidak Terduga (BTT) Pemkab Bangka, untuk bantuan material perbaikan atap rumah tersebut,” jelas Nursi.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: