Kanwil Kemenag Peringati Hari Santri 2022 di Islamic Center Sungailiat

Kanwil Kemenag Peringati Hari Santri 2022 di Islamic Center Sungailiat

Upacara peringatan Hari Santri di Ponpes Bahrul Umum Sungailiat.--

BABELPOS.ID, PANGKALPINANG - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bangka Belitung membacakan amanat Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Kholil Qoumas dalam Peringatan Hari Santri Tahun 2022 Tingkat Provinsi Bangka Belitung yang berlangsung di Pondok Pesantren Islamic Center Bahrul Ulum Sungailiat Kabupaten Bangka, Sabtu (22/10/2022).

Ia menyebut bahwa peringatan ini bersifat monumental dan sebagai salah satu wujud dari pengelementasian untuk nilai- nilai Waliwaton Minal Iman atau cinta tanah air bagian daripada iman.

Oleh karena itu sesuai dengan surat keputusan presiden (Kepres) No. 22 tahun 2015 yang menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri yang merujuk kepada resolusi jihad guna mempertahankan kemerdekaan republik Indonesia sekaligus mengingatkan kepada peristiwa heroik bersejarah 10 November 1945 yang kini diperingati sebagai hari pahlawan nasional.

Seiring dengan tema Hari Santri Tahun 2022 "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusian" maka diharapkan peran para santri harus tetap ikut terlihat dalam berbagai fase kehidupan berbangsa dan bernegara.

Para santri di masa kini harus mampu mencontohkan suri tauladan dari para kyai dan santri pendahulu yang gigih bersama berjuang mendarmabaktikan hidupnya guna merebut kemerdekaan dari segala bentuk penjajahan kolonial Belanda dan sekutunya. Dan di pasca kemerdekaan, peran kyiai dan santri juga tetap tidak pernah absen dan tetap aktif dalam berbagai bidang termasuk dalam pemerintahan untuk bersama terus memperjuangkan kemaslahatan umat bangsa dan negara.

"Karena pondok pesantren yang notabenenya adalah adalah kiayi dan santri tidak justeru asik sendiri tetapi juga terlibat di dalam kegiatan agama, politik, ekonomi, sosial hingga garda pertahanan dan keamanan negara," ujarnya.

"Santri juga memiliki banyak keahlian bahkan menjadi pemimpin negara dengan tetap menjaga tugas utamanya yakni, menjaga nilai-nilai agama dalam sikap dan perilakunya agar menjadi mata air insipirasi yang menjunjung tinggi martabat kemanusiaan sebagaimana tujuan esensi ajaran Islam sebagai rahmatan lil alamin khususnya juga di tengah kehidupan modernisasi saat ini. Hari santri merupakan milik semuanya untuk menjunjung tinggi nilai dan martabat bangsa," ujarnya.

Kakanwil Kemenag juga mengajak mendoakan para pahlawan dari kalangan ulama yang sahid demi bangsa dan negara, semoga Allah SWT menempatkan para syuhada tersebut di surga yang indah sebagaimana janji Allah kepada setiap hambanya yang beriman.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua element masyarakat yang juga sudah ikut bersuka ria merayakan hari santri guna mendukung semakin berdaya terjaganya martabat kemanusiaan di Indonesia khususnya juga di negeri Provinsi Bangka Belitung," ajak Tumiran yang juga didampingi Ketua Yayasan Pondok Pesantren Islamic Center Bahrul Ulum Sungailiat, Ustad Syaiful Zuchri.

Hadir juga Kepala Pondok Pesantren Islamic Center Bahrul Ulum Sungailiat Bangka Muhammad Ali, jajaran pejabat di lingkungan Kanwil kemenag Babel, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka, jajaran pengurus pondok pesantren, unsur Forkominda Kabupaten Bangka, para alim ulama, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Peringatan Hari Santri 2022 Hari Santri Tingkat Wilayah Babel juga dirangkaikan dengan penampilan pencak silat Satria Muda Indonesia Ponpes Bahrul Ulum Sungailiat Bangka, marching band putri Islamic Center Sungailiat dan ditutup dengan tablig akbar bersama Dr.KH. Rusyidi Sulaiman, M.Ag dengan tema "Cinta Rosullulah".

Dalam ceramahnya, ia mengajak kepada seluruh umat muslim khususnya para warga pondok untuk semakin giat meningkatkan kualitas iman dan taqwa kepada Allah SWT sesuai dengan yang diperintahkan dan disampaikan melalui utusannya Jibril kepada baginda Nabi Muhammad SAW. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: