PLN UIW Babel Ingin Berkontribusi Dalam Kemajuan Pulau Bangka

PLN UIW Babel Ingin Berkontribusi Dalam Kemajuan Pulau Bangka

Bupati Bangka dan GM PLN UIW Babel Saat Menjadi Narasumber Talk Show.--

SUNGAILIAT - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung mengelar Talk Show dengan Pemerintah Kabupaten Bangka di Pesona Bay Sungailiat, Senin (8/8/2022).

Takl Show bertema ”Peran PLN UIW Babel dalam Pembangunan Daerah di Kabupaten Bangka” menghadirkan narasumber Bupati Bangka Mulkan SH MH serta General Manager PLN UIW Babel, Amris Adnan

Pada paparanya, Bupati Mulkan, mengatakan PLN memiliki peran startegis untuk memenuhi salah satu kebutuhan mendasar masyarakat yakni listrik di Kabupaten Bangka, dan digunakan untuk berbagai kegiatan masyarakat.

"Kita berkomitmen memenuhi kebutuhan mendasar masyarakat dibidang infrastruktur temasuk listrik yang tertuang dalam misi Kabupaten Bangka,  mewujudkan pemerataan pembangunan infrastruktur antar wilayah," ujarnya

Sesuai dengan Kebijakan yang dituangkan dalam RPJMD Kabupaten Bangka 2019-2023, Pemkab Bangka berkomitmen memastikan akses energi yang terjangkau, handal, berkelanjutan dan modern, untuk masyarakat.

Dikatakan Mulkan, lapangan usaha listrik dan gas menjadi salah satu yang memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bangka. Kontribusinya cenderung meningkat pesat selama  5 tahun dari 4,75 persen pada tahun 2017, menjadi 15,05 persen di tahun 2021.

Selain itu, PLN berkontribusi  ke PAD Kabupaten Bangka melalui pajak daerah penerangan jalan. Dan meningkatkan penerangan jalan 

"Selama ini hubungan kemitraan antara Pemkab dan PLN sudah berjalan dengan baik. Dan kita juga ke depan meminta PLN turut mendukung pembangunan daerah melalui dana CSR, pembangunan fasilitas umum lainnya, kelanjutan bantuan CSR yang telah ada selama ini," harapnya.

Selain itu secara sosial, PLN diharapkan berperan dalam menciptakan tenaga kerja lokal, seperti halnya kontribusi bantuan sosial berupa CSR. 

General Manager PLN UIW Babel, Amris Adnan mengatakan, keberadaan PLN UIW Babel juga untuk memberikan kontribusi dalam kemajuan daerah di Pulau Bangka. Salah satunya dengan cara memperkuat atau menambah kapasitas listrik di daerah ini.

"Kita ingin berperan ikut membangun daerah termasuk di Kabupaten Bangka ini," ujarnya.

Saat ini PLN telah membangun jaringan kabel bawah laut Sumatera-Bangka, dan mulai Maret 2022 lalu 1 sirkuit kabel laut sudah menyala. "Jadi kita sudah punya cadangan listrik cukup mendukung investasi di daerah ini,” ujar Amris Adnan.

Amris Adnan meminta dukungan Pemerintah Kabupaten Bangka, karena harus diakui masih banyak kendala-kendala di lapangan yang dihadapi pihaknya, dalam hal pemeliharaan jaringan listrik di sepanjang jalan.

"Kendala yang kita hadapi dalam pemeliharaan jaringan, harus memotong tanaman milik masyarakat dan harus mendapat dukungan dari pemerintah daerah. Apalagi kedepan PLN akan melaksanakan program energi terbarukan pada tahun 2023," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: