Perlang Fun Dive, Semangat Kemerdekaan dengan Merehabilitasi Karang Pantai Gusung

Perlang Fun Dive, Semangat Kemerdekaan dengan Merehabilitasi Karang Pantai Gusung

Bupati Algafry Rahman bersama penyelam POSSI Bateng.--

BABELPOS.ID, LUBUK BESAR - Dalam rangka meyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menggelar Perlang Fun Dive (Scuba Diving dan Skin Diving) dengan mengusung tema "Save Perlang Reef" di Pantai Gusung Perlang, Minggu (7/8/2022). 

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, sejak Sabtu-Minggu tanggal 6 dan 7 Agustus 2022 yang melibatkan Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Bangka Belitung dan Bangka Tengah.

"Alhamdulillah hari ini bersama teman-teman dari POSSI, UBB, Polda dan lainnya, kami melakukan aksi pelestarian atau rehabilitasi terumbu karang yang terdegradasi dengan teknik tranplantasi karang," ujar Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman.

Dikatakan Algafry, setelah ia dan rekan lainnya menelusuri keadaan terumbu karang di Pantai Gusung, Desa Perlang memang ditemukan beberapa karang yang sudah rusak.

"Ada yang rusak, namun penyebab rusaknya kita belum bisa memastikan, sehingga kegiatan transpaltasi karang sangat penting sebagai bentuk dari kepedulian kita bersama, bahwa kita sangat mencintai dunia laut dan karang ini jangan sampai rusak," tuturnya.

Ia menuturkan, Pantai Gusung, Desa Perlang memang menjadi salah satu destinasi wisata yang akan terus pihaknya kembangkan, apalagi Desa Perlang menjadi salah satu Desa Wisata Halal Indonesia.

Di tempat yang sama, Ketua POSSI Bangka Belitung, Muhammad Agus Fahmi Fauzi sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Pemkab Bateng dalam melestarikan terumbu karang.

"Kami dari POSSI Babel sangat mengapresiasi kegiatan Bupati Bateng dan teman-teman lainnya dalam  kegiatan transpaltasi karang di Pantai Gusung dan turut mengenalkan olahraga  selam, semoga akan muncul atlet-atlet selam berprestasi asal Bangka Tengah," ujarnya.

Sementara itu, Ketua POSSI Bateng, Hendra berpesan agar masyarakat, pengungjung dan para nelayan bisa menjaga kelestarian karang yang ada di Pantai Gusung, Perlang.

"Alhamdulillah kami sudah melaksanakan kegiatan Perlang Fun Dive,  dilanjutkan dengan transpaltasi karang yang juga diikuti Bupati Bateng yang sekarang menjadi inisiator penggiat pemerhati terumbu karang dan memasyarakatkan olahraga selam di Bateng, untuk itu diharapkan para nelayan dan warga juga bisa menjaga lingkungan wisata yang ada di Desa Perlang," pesannya. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: